Mengenal Sorgum, Dengan Kandungan Gizi Tingginya Pengganti Nasi

oleh -247 views
Sorgum
Dok. Kementan

Panennews.com – Sorgum merupakan salah satu tanaman sejenis rumput-rumputan yang masuk dalam keluarga padi, jagung, dan gandum. Tanaman tersebut tengah menjadi sorotan akhir-akhir ini sebagai sumber ketahanan pangan.

Sorgum tersebut mempunyai nama Ilmiah Sorghum Bicolor L yang termasuk dalam genus Sorgum Muench. Keberadaannya saat ini dapat ditemukan pada dataran rendah dan dataran tinggi pada wilayah tropis Indonesia.

Sebagian besar masyarakat Indonesia khususnya pada wilayah Pulau Jawa mengenal sorgum ini dengan sebutan Gandrung. Biasanya bahan pangan yang satu ini dengan kandungan dan gizinya yang tergolong tinggi, dapat dijadikan bahan pangan pengganti nasi.

Baca Juga :   Timur Tengah Terancam Krisis Pangan Akibat Perang Rusia-Ukraina

Sorgum tersebut mempunyai kandungan dan gizinya meliputi karbohidrat dengan kisaran perkepingnya 73 gram, proteinnya berkisar 11 gram, seratnya 1,2 gram, dan beberapa macam vitamin seperti vitamin B1, B2, dan B12.

Selain itu, sorgum tersebut mengandung antioksidan, asam fenolat, dan tanin yang dapat berfungsi baik untuk pencernaan dan tubuh manusia. Namun, secara garis besarnya kandungan nutrisi sorgum setara dengan kandungan gandum dan biji-bijian lain yang kaya akan serat.

Sorgum ini terdapat juga komponen mikronutrien atau yang biasa dikenal dengan tanaman pangan yang banyak nutrisi. Sorgum tersebut pun tidak sama sekali kekurangan asupan gizi, protein, dan karbohidrat, kandungan dalam sorgum ini dinilai lengkap. Hal tersebut dengan kandungan yang disebutkan seperti diatas menjadikan sorgum mampu mengganti nasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.