Cici Merah, Jenis Burung Bersuara Lantang

oleh -325 views
Golden-headed Cisticola (Cisticola exilis)
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Cici merah merupakan salah satu jenis burung pengicau yang tubuhnya dinilai kecil mungil dari spesies burung lainnya. Burung tersebut dapat kita jumpai keberadaannya pada wilayah beriklim tropis.

Spesies burung tersebut mempunyai nama Ilmiah Cisticola Exilis ini termasuk dalam famili Cisticolidae dari genus Cisticola atau yang lebih dikenal dengan jenis burung kicau bersuara keras.

Secara morfologi, burung ini mempunyai tubuh kerdil yang dihiasi warna biasanya coklat tua cenderung abu pada yang jantan, sedangkan pada betinanya hanya mempunyai corak bergaris hitam. Burung tersebut pun dilengkapi ekor yang berwarna cokelat tua kebanyakan cenderung kuning, adapun bagian paruhnya merah muda.

Baca Juga :   Weris, Jenis Burung Khas Sulawesi Yang Terancam Punah

Burung ini berhabitat pada pohon-pohon besar dan biasanya pun bersarang pada rumput serta tumbuh-tumbuhan. Burung tersebut pun mempunyai kemampuan dan tampilan yang cenderung unik, biasanya burung ini dapat berkembang biak pada sarang laba-laba.

Selain itu, dikenal dengan burung yang bertubuh kerdil dan tampilannya yang dinilai unik, burung ini pun juga dikenal dengan spesies bersuara merdu. Biasanya burung tersebut dapat bersuara pada pagi hari dengan intensitas suaranya yang tergolong keras,

Sementara itu, burung dari jenis ini bersuara sangat mudah ditemukan namun burung tersebut jika bersuara pada malam hari sulit ditemukan. Adapun ciri khas kicauan suara dari burung tersebut yaitu kicauan yang melengking dan bersuara lantang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.