Lili Cobra, Tanaman Unik Dengan Aromanya Pemangsa Serangga

oleh -902 views
istockphoto-119442274-170667a
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Lili kobra merupakan salah satu spesies tanaman yang masuk ke dalam tanaman karnivora. Lili kobra tersebut juga bagian dari tanaman endemik dengan keberadaannya tersebar pada negara-negara Asia Tenggara bahkan Eropa.

Tanaman tersebut mempunyai nama Ilmiah Darlingtonia California yang dibawah suku Sarraceniaceae. Adapun penamaannya cenderung mirip dengan ular kobra, dikarena kan wujudnya yang cenderung mirip dengan ular kobra yang mempunyai tudung kepala dan dinilai unik.

Lili kobra mempunyai ukuran tinggi berkisar 20 – 60 cm, bahkan mampu mencapai tinggi dengan kisaran 100 meter. Mempunyai diameter batangnya sekitar 15 cm, adapun daunnya berjumlah 5 – 10 buah dengan dilengkapi perangkap pemangsanya.

Baca Juga :   Tinjau Kebun Tebu, Kementan Dorong Produksi Gula Nasional

Selain itu, lili kobra juga terdapat bunga diujung daun perangkap dengan penyerbukan bunga tersebut berkisar 2 sampai 3 kali dalam sebulan. Adapun warna dari bunganya cenderung putih dengan dilengkapi warna krem pada pinggirnya, bunga tersebut dilengkapi cairan pemikat yang dapat mengelabui mangsanya.

Sementara itu, tumbuhan tersebut dapat mencari mangsa disekitar tempat hidupnya, biasanya mangsa dari lili kobra ini berupa serangga. Dalam menjebak mangsanya yang berupa serangga, lili kobra memanfaatkan aroma wangi dari bunga untuk memancing serangga mendekatinya.

Baca Juga :   Gula Merah Sulut Makin Tren Untuk Pasar Domestik dan Ekspor

Lebih lanjut lagi, setelah ada serangga mendekat pada bunga lili kobra, serangga tersebut masuk ke dalam bunga dan terjebak mencari-cari aroma wanginya hingga terperangkap. Setelah itu, serangga jatuh ke dalam penjebak yang berisi cairan asam lemah dari bunga lili kobra, dengan demikian lili kobra memangsa serangga tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.