Jarang Orang Tahu, Ternyata Ini 3 Jenis Pohon Penghasil Kayu Terbaik

oleh -447 views
tree-258817__340
Foto : Pixabay

Panennews.com – Pohon yang sudah kita kenal ternyata dapat dimanfaatkan batangnya untuk dijadikan kayu. Biasanya kayu dari batang pohon itu dapat dijadikan bahan-bahan mebel atau pun peralatan rumah tangga lainnya.

Dengan demikian, namun tidak semua pohon yang dimanfaatkan untuk dijadikan kayu. Biasanya pohon yang dijadikan kayu itu mempunyai kualitas bermutu baik, sehingga dapat dimanfaatkan batangnya. Namun, kebanyakan dari kita jarang yang tahu akan hal tersebut, adapun jenis pohon penghasil kayu terbaik diantaranya.

Jati

Pohon jati merupakan salah satu jenis pohon besar yang mempunyai tinggi berkisar 40 meter. Pohon tersebut dengan batangnya dikenal mempunyai karakteristik batang yang dinilai baik dan bermutu tinggi, tekstur kayunya pun kuat. Selain itu, pohon jati tersebut sangat tahan akan air sehingga dapat awet dan tahan lama.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Dorong Rehabilitasi Hutan Mangrove Untuk Hadapi Perubahan Iklim

Mahoni

Pohon tersebut termasuk salah satu jenis pohon yang dinilai baik dalam penghasil kayu, tentunya jenis kayu yang dihasilkan berkualitas tinggi. Selain itu, bentuk kayu dari pohon ini cenderung unik, karena menjulang tinggi dengan ketinggian berkisar 34 meter. Kayu tersebut biasanya sering dikenal dan dijuluki oleh penghuni sekitar hutan dengan sebutan pohon pelindung warga kota.

Meranti

Jenis pohon ini biasanya dapat kita jumpai pada hutan-hutan lindung maupun liar sekitar wilayah Indonesia, pohon tersebut menghasilkan kayu yang dinilai baik dan bermutu tinggi. Kayu meranti tergolong jenis kayu kuat dan tahan terhadap hama rayap, sehingga menjadikan kayu ini tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.