Kenali Manfaat Dolomit, Pupuk Untuk Kelapa Sawit

oleh -1,122 views
istockphoto-1296009992-612x612
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Pupuk dolomit seperti yang sudah kita kenal sebelumnya, merupakan salah satu jenis pupuk yang paling efektif sebagai penyelamat tanah. Tujuan utama dari penggunaannya yaitu untuk meningkatkan ph tanah atau menetralisirkan kesuburan tanah.

Pupuk tersebut menggunakan bahan baku fosfor gypsum ammonia dan karbondioksida. Umumnya, pupuk ini mempunyai bentuk fisik berwujud halus seperti tepung yang bersifat homogen dan berwarna putih cenderung coklat.

Sebagai pupuk yang mengandung unsur hara, dolomit mempunyai beberapa manfaat salah satunya bermanfaat untuk kelapa sawit. Adapun dolomit untuk kelapa sawit sangat bermanfaat untuk membantu tanah sekitar kelapa sawit agar mempunyai tingkat keasaman atau ph tanah yang cocok sesuai kebutuhan kelapa sawit.

Baca Juga :   Pemerintah Terus Lakukan Pengembangan Industri Kelapa Sawit

Selain itu, pupuk tersebut dapat membantu juga untuk memenuhi kebutuhan unsur hara yang berupa kalsium dan magnesium. Dolomit juga dapat menetralisir tanah disekitar tumbuhan sehingga memberikan dampak baik bagi tumbuhan-tumbuhan yang berada disekitar kelapa sawit.

Sementara itu, zat yang terdapat pada pupuk ini mempunyai sirkulasi yang dinilai baik sehingga akar tanaman bisa menyerap air berlebih. Hal ini yang membuat tanah kelapa sawit dipastikan lebih gembur dan baik.

Lebih lanjut lagi, pupuk dolomit bermanfaat juga membantu pembentukan warna hijau daun atau klorofil pada kelapa sawit agar daunnya menjadi lebih sempurna. Dengan begitu, proses pembuatan makanan cadangan atau yang biasa disebut dengan fotosintesis menjadi lebih efektif dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.