Cara Mudah, Mengatasi Hama Tikus Pada Tanaman Jagung

oleh -154 views
jagung_petani
Foto : Pexels

Panennews.com – Hama tikus merupakan salah satu jenis hama yang biasanya banyak menyerang tanaman diantaranya tanaman jagung. Hama tikus tersebut dapat menyerang tanaman jagung pada fase generatif atau pun fase tongkol pengisian biji pada jagung.

Tongkol pada jagung biasanya sering menjadi incaran hama tikus sehingga menjadi rusak dan mudah terinfeksi jamur. Hal ini menyebabkan jagung gagal panen pada masa jadwalnya, adapun bagian yang disukai tikus pada bagian tongkol jagung. Namun, jangan khawatir hama tikus pada jagung dapat diatasi dengan cara yang dinilai mudah.

Baca Juga :   Petani di Baha Mengeluh Padinya Memerah, Dinas Pertanian Minta Keringkan Lahan

Tikus dapat dikendalikan dengan memanfaatkan predator berupa kucing, ular, burung hantu, bahkan anjing. Adapun caranya dapat mengembangbiakan salah satu hewan tersebut, namun jangan terlalu lama karena akan mengakibatkan bahaya tersendiri bagi tanaman jagung maupun manusia.

Selain itu, buat pematang atau tanggul dengan ukuran kisaran antara 40 cm, lalu bersihkan tanggul tersebut. Dengan demikian, tikus tidak lagi membuat sarang pada tanggul dan membatasi tikus membuat sarang. Sementara itu, pembersihan pada tanggul dilakukan dengan teratur dan berkala.

Baca Juga :   Perkuat Ketahanan Pangan, Indonesia Dan Thailand Optimasi Lahan Rawa

Lebih lanjut lagi, pasanglah bubu perangkap, pemasangan bubu perangkap ini merupakan salah satu Tindakan pengendalian hama tikus. Bubu tersebut buatlah dari bambu dengan ukuran berkisar 2 meter, kemudian letakkan pada tongkol jagung. Hal ini dapat mengelabui hama tikus dan tikus pun dapat terperangkap pada bambu tersebut, tikus yang terperangkap pada bambu kemudian dibunuh dan dapat dimusnahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.