Begini Caranya, Budidaya Daun Binahong Di Pekarangan Rumah

oleh -399 views
Daun Binahong
Foto : Dok. Typicalgardener

Panennews.com – Daun binahong seperti yang dikenal sebelumnya merupakan tanaman herbal mempunyai khasiat dan manfaat dapat dipercayai mampu menyembuhkan beberapa macam jenis penyakit. Hal ini menjadikan salah satu penyebab daun binahong dibudidayakan banyak orang.

Budidaya daun binahong caranya sangat mudah, biasanya binahong tersebut kerap dijumpai pada pekarangan rumah dan dapat dibudidayakan dengan cara mudah dan murah. Adapun caranya tersebut yang pertama dilakukan yaitu siapkan lokasi tanam dengan tanah gembur dan dekat sumber air untuk memudahkan proses penyiraman.

Baca Juga :   Ini Dia 3 Manfaat Dalam Budidaya Benih Lobster

Selain itu, gali lubang tanam dengan ukuran 30×3 kedalamannya mencapai 20 cm. Kemudian tambahkan pupuk dasar yang idealnya menggunakan pupuk organik atau pupuk NPK. Adapun pemberian pupuk tersebut dilakukan dengan menyiram sedikit air untuk melembabkan sarana media tanam.

Kemudian setelah itu, siapkan bibit binahong dengan memilih batang binahong dengan ukuran batang berkisar 10 cm lalu siapkan pula media pembibitan seperti polybag. Adapun langkah pembibitannya dengan potong batang binahong lubangi tanah pada media pembibitan dan masukan batang binahong pada media tanam setelah itu tunggu dalam beberapa hari hingga muncul tunas baru tersebut.

Baca Juga :   Kontes Koi Show Di Kediri, Bidik Industri Ikan Koi Lokal Lebih Masif

Sementara itu, untuk cara selanjutnya yaitu penyiraman yang dilakukan sebanyak 7 kali dalam seminggu dan perhatikan pula drainese pada media tanamnya agar siklus air dapat mengalir lancar hingga sampai ke akarnya. Hal ini dikondisikan agar air tidak berlebihan yang masuk ke media tanam. Lebih lanjut, proses dan cara daun binahong ini biasanya terjadi mencapai kisaran 6 bulan atau 12 bulan lamanya dari masa tanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.