Papua Youth Creative Hub Jadi Motor Penggerak Generasi Muda Kembangkan Jiwa Entrepreneurship Perikanan Budidaya

oleh -39 views
KKP.co.id

Panennews.com- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya (DJPB) mendukung penuh pelaksanaan Ground Breaking Gedung Papua Youth Creative Hub. Dimana nantinya gedung ini akan menjadi motor atau pusat penggerak untuk para generasi muda mengembangkan jiwa entrepreneurship nya, khususnya di subsektor perikanan budidaya. Hal ini ditegaskan oleh Direktur Jenderal Perikanan budidaya, Tb Haeru Rahayu dalam keterangannya di Jakarta.

Secara langsung, Dirjen yang biasa disapa Tebe, mengajak generasi muda atau generasi milenial khususnya para pemuda pemudi di Papua untuk mengembangkan potensi yang dimiliki Papua. Mengingat Papua memiliki kekayaan laut dan budidaya ikan yang sangat luar biasa. Untuk itu, melalui budidaya ikan berbasis ekologi dan berkelanjutan bisa mengembangkan potensi budidaya ikan Papua yang nantinya bisa berkontribusi untuk peningkatan ekonomi setempat. “Ini sejalan dengan program terobosan KKP saat ini khususnya di subsektor perikanan budidaya diantaranya pengembangan perikanan budidaya untuk ekspor dan pembangunan kampung budidaya tawar, payau dan laut berbasis kearifan lokal,” ujar Tebe.

Tebe menambahkan, salah satunya adalah budidaya Cherax albertisii atau yang populer di Papua disebutnya udang selingkuh, yaitu lobster air tawar yang merupakan spesies asli dari Papua. Pada awalnya, udang selingkuh ini dibudidayakan sebagai ikan hias karena bentuknya yang unik dengan warna yang menarik, tetapi seiring waktu banyak permintaan di masyarakat akan komoditas ini, sehingga menjadi potensi besar untuk usaha budidaya. Dan hal yang terpenting, sumber daya udang selingkuh ini di alam semakin berkurang, sehingga kegiatan budidaya merupakan solusinya.

Saat ini, teknologi budidaya udang selingkuh sedang dikembangkan di UPT DJPB yakni di Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Tatelu. Dengan adanya transfer teknologi ke masyarakat, diharapkan udang selingkuh ini ke depan dapat menjadi komoditas yang bernilai ekonomis tinggi, menjadi salah satu andalan perikanan budidaya di Papua. Selain udang selingkuh, BPBAT Tatelu juga telah lama mengembangkan lobster air tawar lainnya, yaitu jenis red claw, dan telah berkembang di masyarakat, serta telah banyak pembudidaya yang berhasil mengembangkannya. Diharapkan, kegiatan budidaya udang selingkuh juga akan mengalami hal yang sama, mengingat potensinya yang cukup menjanjikan.

Selain itu, hingga saat ini, Tebe menyebutkan salah satu teknologi yang telah dikembangkan oleh KKP di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, salah satunya budidaya ikan melalui sistem bioflok, sistem budidaya yang sudah menjadi primadona di masyarakat karena teknologi yang dapat memicu peningkatan produktivitas perikanan budidaya yang secara otomatis juga menghadirkan peluang untuk keterlibatan masyarakat yang lebih banyak. “KKP telah mengembangkan budidaya ikan sistem bioflok di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat melalui program bantuan sarana dan prasarana serta pendampingan transfer teknologi sejak tahun 2017. Hingga saat ini untuk Papua sudah tersebar sebanyak 39 paket yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Nabire dan Kabupaten Keerom. Sementara untuk Papua Barat sudah tersebar sebanyak 33 paket diantaranya di Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Manokwari Selatan, Kabupaten Fakfak dan Kabupaten Teluk Bintuni. Bantuan bioflok tersebut ada di bawah pendampingan Unit Pelaksana Teknis (UPT) DJPB seperti BBPBAT Sukabumi, BPBAT Tatelu dan BPBL Ambon,” papar Tebe.

Baca Juga :   Mentan SYL Dorong Komoditas Kopi Tersebar Di Seluruh Dunia

“Mari generasi milenial khususnya di Papua untuk sama-sama berinovasi dan berkreasi dalam mengembangkan produksi perikanan budidaya untuk ketahanan pangan melalui budidaya sistem bioflok dengan terus mengedepankan prinsip keberlanjutan baik dari segi lingkungan, sosial maupun dari segi ekonomi atau usahanya,” ajak Tebe.

Disamping budidaya ikan konsumsi, Tebe juga mengajak generasi muda Papua untuk bisa menggarap budidaya ikan hias. Dimana, budidaya ikan hias menjadi kegiatan menarik bagi kalangan milenial. Ditambah lagi, saat ini seperti permintaan aquascape mengalami peningkatan tajam, apalagi di tengah pandemi seperti ini, dimana orang banyak membatasi kegiatan di luar rumah, sehingga aquascape menjadi hiburan baru. Tentu hal ini bisa menjadi peluang alternatif pendapatan bagi masyarakat termasuk kaum milenial, karena bisa menjadi kebutuhan hiasan untuk perkantoran dan perumahan.

Papua juga memiliki potensi ikan hias laut seperti ikan nemo biak. Dan salah satu UPT DJPB yang berada di Kawasan Indonesia Timur, Balai Perikanan Budidaya Laut Ambon (BPBL Ambon) telah mengembangkan ikan hias nemo dengan kapasitas produksi sekitar 300 ribu ekor per tahun. Melalui sistem RAS berhasil mengembangkan dan memproduksi massal benih ikan hias nemo. Saat ini berhasil memproduksi 26 varian ikan hias nemo dan merupakan salah satu komoditas andalan ekspor ikan hias laut yang memiliki harga jual yang tinggi, “Papua memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk bisa dikembangkan, baik untuk produksi ikan konsumsi maupun ikan hias. Melalui kegiatan Ground Breaking Gedung Papua Youth Creative Hub yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (2/10/2021) kemarin, jadi motor penggerak generasi muda Papua untuk bersama-sama mengembangkan sektor perikanan khususnya perikanan budidaya.

Senada, Kepala BPBAT Tatelu, Fernando J. Simanjuntak juga turut mendukung terlaksananya program Ground Breaking Gedung Papua Youth Creative Hub guna mengajak generasi milenial di Provinsi Papua untuk bisa melakukan kegiatan budidaya ikan sebagai salah satu kegiatan yang bisa mendukung peningkatan produksi perikanan untuk ketahanan pangan dan sisi lain sebagai salah satu sumber mata pencaharian alternatif yang cukup potensial. “Saya hadir disini untuk mewakili UPT DJPB mendukung program Papua Youth Creative Hub. Ini bisa menjadi tempat atau wadah bagi seluruh warga Papua dalam mengembangkan sektor perikanan khususnya perikanan budidaya,” ujar Kepala UPT yang biasa disapa Nando.

Adapun Nando menceritakan, program bantuan atau kegiatan budidaya yang sudah berjalan diantaranya adalah budidaya sistem bioflok untuk ikan nila dan lele. Kegiatan ini sudah berjalan lebih dari 8 Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat dan dapat dilihat hasilnya cukup potensial dan signifikan serta mampu meningkatkan produktivitas perikanan budidaya di Bumi Cendrawasih ini. Kegiatan bioflok memiliki banyak keuntungan selain bisa dilakukan di lahan yang sempit, juga dapat dilakukan dengan sumber air yang terbatas dan mampu menjadi penggerak ekonomi di wilayah Papua dan juga bisa menjadi salah satu mata pencaharian bagi masyarakat Papua.

Baca Juga :   Ini Daerah Peningkatan Produksi Padi Tertinggi yang Mendapat Penghargaan Dari Wapres

Sementara itu, Putra Milenial Daerah Papua, Abimael, melihat sektor perikanan di Papua memang sangat potensial baik sumber alamnya yang tersedia di perairan laut maupun di perairan tawar. Untuk itu dirinya mewakili generasi muda Papua berjanji akan melakukan suatu inovasi di bidang perikanan. Adanya penyelenggaraan Ground Breaking Gedung Papua Youth Creative Hub jadi momen untuk membangkitkan semangat kreatif anak muda Papua untuk ke depannya. Karena kalau dilihat dari sektor perikanan ini akan membuka lahan pekerjaan dan sekaligus bisa menjadi mata pencaharian. “Kami pemuda Papua mempunyai suatu misi bahwa kami bisa dan akan menjawab untuk membantu Pemerintah di sektor perikanan, untuk ketahanan pangan dan berkontribusi meningkatkan ekspor. Baik sektor perikanan maupun kelautan. Karena untuk ekspor, kami di Papua sudah ada pembudidaya rumput laut, seperti masyarakat di Kepulauan Yapen banyak yang melakukan usaha budidaya rumput laut,” ujar Abimael.

Untuk itu, Abimael pun, berterima kasih kepada KKP, khususnya DJPB yang telah membantu dalam sarana pengembangan budidaya ikan sistem bioflok dan ini memang sangat membantu guna melakukan budidaya di kawasan lahan yang terbatas dan air yang minim. Dia menyebutkan bukan hanya ikan konsumsi, ikan hias air laut telah ada di Kabupaten Biak, untuk ikan Nemo lokal Provinsi Papua yakni nemo biak, mulai dikembangkan budidayanya, sehingga targetnya bisa selalu penuhi pasar ekspor ikan hias air laut yang cukup menjanjikan “Kita adalah generasi muda yang harus ada di depan, kita tidak boleh menunggu, kita harus berjuang bersama sama dengan Pemerintah untuk membangkitkan budidaya ikan di Provinsi Papua. Untuk generasi muda milenial Papua, Katong tetap semangat, Torang Pasti Bisa,” tukas Abimael.

Sebelumnya arahan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengajak generasi milenial untuk menggerakkan pengembangan perikanan budidaya yang merupakan salah satu penopang ketahanan pangan dan ekspor sebagai aspek pembangunan ekonomi daerah di tengah pandemi saat ini. Tentunya dengan menekankan tercapainya keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan ekologi serta keberlanjutan sumber daya perikanan nasional.

Hadir dalam Ground Breaking Gedung Papua Youth Creative Hub ini Sekretaris Jenderal KKP, Direktur Pemasaran Ditjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, dan Kepala BBAT Tatelu beserta jajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.