Begini Proses Roasting Pada Biji Kopi

oleh -118 views
Roasting Kopi
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Dalam proses roasting kopi, teknik-teknik yang dilakukan bisa memberi pengaruh pada hasil kopi yang sudah di roasting tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan proses roasting kopi yang baik agar menghasilkan kopi yang berkualitas.

Kesalahan dalam proses roasting akan membuat biji kopi yang diroasting menjadi kurang berkualitas dan jauh dari espektasi. Untuk itu, memastikan memastikan proses roasting yang baik dan benar adalah kunci utamanya. Tentu sangat disayangkan jika biji kopi yang berkualitas tidak bisa diroasting dengan maksimal.

Baca Juga :   Dampak Positif Hadirnya Transplanter Pertanian

Penyaringan biji kopi mempunyai tingkat pemanggangan yang berbeda-beda menghasilkan kopi yang bervariasi. Untuk itu ada beberapa tahap dalam proses roasting kopi ini. Yang pertama yakni pengeringan kopi yang maksimal sehingga tidak ada kandungan air.

Yang kedua yakni proses penguningan dimana biji kopi sudah mulai berubah dan mengembang serta kulit tipis yang mengelupas. Ketiga, proses pecahan pertama dimana biji kopi mulai terpecah menjadi dua bagian. Keempat, proses roast development dimana tekstur kopi menjadi lembut yang menentukan warna akhir kopi. Yang terakhir proses pecahan kedua dimana kopi pecah untuk kedua kalinya dibarengi dengan keluarnya minyak alami dari biji kopi.

Baca Juga :   UGM Uji Coba Gamagora, Padi Amfibi Dan Adaptif Terhadap Perubahan Iklim

Jika kopi sudah melalui proses roasting kopi yang baik, barulah kopi-kopinya dikeluarkan lalu masuk ke proses coffee resting, brewing sampai ke cangkir-cangkir yang siapa untuk Anda nikmati. Jadi, proses roasting memang sangatlah penting karena akan mempengaruhi kenikmatan kopi yang akan diseduh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.