Mengenal Ikan Soaboa yang Cocok untuk Koleksi Anda

oleh -24 views
Ikan Soaboa
Foto : Shutterstock

Panennews.com – Habitat asli dari ikan soaboa berasal dari Myanmar, tepatnya berada di danau terisolasi gunung Inle. Meski begitu, selanjutnya perkembangan dari ikan satu ini sangatlah pesat hingga banyak beredar di berbagai negara.

Sama seperti ikan hias lainnya, ikan dengan nama ilmiah Sawbwa resplendens ini juga menggunakan media air tawar. Meskipun persebarannya tinggi, ikan ini mengalami penurunan jumlah populasi yang begitu tinggi.

Ukuran panjang maksimal dari ikan soaboa sendiri hanya sekitar 3,5 cm, sangat kecil dibandingkan ikan hias lainnya. Karena bentuknya yang kecil, tingkat kegesitan ikan ini bahkan sangat tinggi. Ketika berada di alam bebas, makanan yang paling disukai adalah zooplankton.

Baca Juga :   KKP Gelar Audiensi Bersama Kadin Bahas Industri di Sektor Kelautan dan Perikanan

Umumnya, warna yang mendominasi dari ikan ini adalah merah dan oranye. Namun, seiring banyaknya persilangan yang dilakukan menyebabkan adanya campuran warna biru dan perak pada bagian siripnya.

Ikan satu ini bisa hidup berdampingan dengan ikan lainnya dalam satu aquarium. Asalkan tidak memasukkan ikan sejenis predator karena justru akan menjadi sasaran empuk. Apabila lelah bergerak, ikan ini memiliki keunikan yang akan berpura-pura mati.

Jadi, apabila Anda tertarik untuk memiliki ikan soaboa bisa mencoba untuk membudidayakannya karena ikan ini membutuhkan pemeliharaan yang ekstra, Bahkan hidupnya bisa di berbagai media asalkan menggunakan air tawar dengan tingkat keasaman air dan suhu yang tepat.

Komentar