Ikan Gabus, Si Haruan Dari Asia

oleh -29 views
Ikan Gabus
Foto : Shutter Stock

Panennews.com – Ikan Gabus merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh. Ikan ini dapat dengan mudah hidup di rawa, parit, danau, hingga sungai yang bebas dari pencemaran pestisida. Ikan jenis ini juga termasuk ke dalam salah satu ikan predator.

Selain itu, ikan satu ini memiliki nama latin Channa Striata. Spesies ikan ini dikenal juga dengan sapaan Chevron snakehead. Di Pulau Jawa ikan ini dinamai Kutuk, sedangkan di Kalimantan lebih sering disapa dengan nama ikan Haruan.

Baca Juga :   Mengenal Ikan Soaboa yang Cocok untuk Koleksi Anda

Ciri-cirinya yaitu memiliki bentuk tubuh yang bulat serta memanjang layaknya torpedo. Kepalanya berukuran cukup besar serta sedikit pipih sehingga mirip dengan kepala ular. Ujung sirip ekornya berbentuk bulat, sedangkan sirip punggungnya memanjang.

Umur ikan Gabus yang siap panen sebenarnya bervariasi. Hanya saja, umumnya ikan ini dipanen pada usia 4 bulan. Ukurannya pun beragam. Biasanya setiap satu kilogram terdapat 3 ekor ikan dengan ukuran yang cukup besar.

Ikan ini berasal dari Negara Asia, yang sebagian besarnya ialah Asia Tenggara. Ada pula yang menyebutkan bahwa spesies ikan ini merupakan ikan asli Indonesia. Penyebaran ikan ini cukup luas yaitu Nepal, India, Pakistan, Bangladesh, serta Tiongkok.

Baca Juga :   African Jewelfish, Ikan dengan Adaptasi Paling Bagus

Selain diolah untuk berbagai masakan lezat, ikan ini juga baik untuk kesehatan. Ikan Gabus ternyata kaya akan albumin yang dipercaya sangat baik bagi penyembuhan luka tubuh. Tak heran jika ikan ini sangat memiliki banyak peminat.

Komentar