Jamur Maitake, Selain Rasanya Enak Juga Bisa Untuk Obat Herbal

oleh -166 views
Jamur Maitake
Foto : Getty Images

Panennews.com – Mungkin Anda sudah tidak terlalu asing mendengar nama jamur ini. Nama jamur Maitake diambil dari bahasa Jepang yang dikenal sebagai jamur dengan kegunaan untuk sayur dan obat herbal. Di Jepang sendiri, jamur jenis ini termasuk jamur yang paling berharga untuk diberi kepada orang lain.

Selain itu, jamur jenis ini mempunyai dua sinonim nama yaitu Boletus frondosus Dicks. dan Polyporus frondosus fr. Tak hanya itu, nama ilmiah dari jamur jenis ini adalah Grifola Frondosa yang masuk dalam kelas Agaricomycetes.

Baca Juga :   Urban Farming Solusi Berkebun Di Kota Metropolitan

Bentuk jamur Maitake cukup besar hingga disebut sebagai jamur raksasa yang mempunyai besar seperti bola basket, Berat dari jamur jenis ini pun bisa mencapai 50 pound. Namun, jamur jenis ini termasuk langka untuk ditemukan karena hanya ada di pegunungan saja.

Waktu yang dibutuhkan jamur jenis ini agar bisa dipanen ternyata tidak terlalu lama. Tetapi, cara pembudidayaannya cukup sulit karena harus menyesuaikan seperti keadaan di pegunungan. Membutuhkan waktu sekitar seminggu untuk memanen jamur jenis ini.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jamur jenis ini bisa tumbuh baik di daerah pegunungan. Untuk habitatnya sendiri, biasanya jamur jenis ini bisa tumbuh di hutan terutama hutan yang lembab atau berada di dasar sungai dimana banyak pohon tua.

Baca Juga :   Waspada, Beberapa Hama Ini Dapat Menyerang Pada Jamur Tiram

Selain kelangkaan dan cara pembudidayaannya yang tidak mudah, sudah banyak peneliti yang membuktikan bahwa jamur Maitake bisa mengobati kanker dan tumor. Telah ada uji klinis yang membuat jamur ini sebagai obat herbal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.