Tips Menanam Sawi di Rumah, Mudah Banget Kok Caranya

oleh -7 views
Ilustrasi Tanaman Sawi
Ilustrasi Tanaman Sawi - Foto : Pinterest

Panennews.com -Sawi merupakan salah satu komoditas sayur yang laris di pasaran. Pengolahannya yang mudah serta rasa yang menyegarkan membuat sayur ini begitu populer.

Namun, tahukah Anda bahwa budidaya tanaman ini tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa menanam sendiri di pekarangan rumah. Tips dan triknya bisa di simak di bawah ini.

Persemaian

Langkah pertama dalam menanam sayuran hijau ini tentu saja persemaian. Persemaian di sini bertujuan untuk mendapatkan bibit berkualitas tinggi. Anda dapat memilih bibit yang berkualitas kemudian taruh dalam wadah maupun polibag yang sudah di isi tanah. Siram setiap hari dua kali agar mudah tumbuh.

Penanaman

Proses penanaman bisa dilakukan bila bibit sayuran tersebut sudah tumbuh. Anda hanya perlu menyiapkan pot atau polibag yang di isi tanah dengan kompos. Kemudian pindahkan bibit yang sudah tumbuh ke dalam polibag tersebut. Anda bisa menaruh satu atau dua bibit sawi dalam satu wadah.

Baca Juga :   Irigasi Perpompaan Berdampak Positif Bagi Pertanian

Jangan lupa pula berhati-hati sewaktu memindahkan sayuran tersebut di wadah baru sebab tanaman masih sangat kecil sehingga mudah putus. Ketika sudah tertanam, jangan lupa untuk rajin melakukan penyiraman setiap hari agar cepat tumbuh.

Perawatan

Perawatan tumbuhan sayur ini sebenarnya mudah tapi bila ada yang terabaikan bisa mengurangi kualitas panen kelak. Anda harus jeli dalam mengatur tanaman tersebut agar tetap berada di lokasi yang sejuk. Jadi jangan biarkan terlalu sering terkena sinar matahari.

Sebab bisa menghambat pertumbuhan. Selain itu jika sedang musim penghujan maka Anda tidak perlu melakukan penyiraman agar tidak terlalu lembab.

Baca Juga :   Mengenal Daun Bangun-bangun yang Terkenal Mampu Memperlancar ASI

Masa Panen

Masa panen pasti Anda tunggu-tunggu. Masa panen sayur hijau ini terbilang cepat hanya membutuhkan waktu sekitar dua bulan saja. Panen dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama yakni Anda mencabut keseluruhan dengan akar. Sedangkan yang kedua ialah memilah bagian batang ataupun daun satu persatu. Anda dapat memilih metode mana yang ingin diterapkan saat panen.

Itulah tips dan trik penanaman sayur sawi di rumah. Cara penanaman terbilang mudah untuk diterapkan. Apalagi masa panen tidak perlu menunggu lama. Meski sudah banyak tersedia di pasar, dengan menanam sendiri tentu menjadi sensasi seru yang tidak ada duanya.

Komentar