Kenali 5 Jenis Pakan Belut Yang Bagus Untuk Budidaya

oleh -1,206 views
Ilustrasi Ikan Belut
Ilustrasi Ikan Belut - Foto : Pinterest

Panennews.com – Budidaya belut menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Hal itu tak lepas dari harga jual dan permintaan pasar yang tinggi. Tapi tahukah Anda bahwa keberhasilan budidaya hewan licin ini sangat bergantung dari pakan yang di pilih.

Sebenarnya sudah ada banyak alternatif pakan belut yang mudah ditemukan. Namun Anda tentu tak boleh sembarangan. Salah-salah hewan tersebut gagal panen atau bahkan mati.

Di bawah ini ialah beberapa altenatif jenis pakan untuk ikan belut yang mungkin saja bisa Anda pertimbangkan.

Keong Sawah

Untuk membuat pakan hewan licin ini tidak perlu susah-susah mencari alternatifnya. Sebab keong sawah bisa menjadi pilihan. Apalagi keong sangat mudah ditemukan di persawahan. Anda hanya perlu merebus keong sawah kemudian pisahkan dari cangkang. Selanjutnya cincang daging keong demikian kecil-kecil.

Baca Juga :   Ketahui Tips Mudah Memilih Akuarium Untuk Ikan Arwana

Ikan Kecil

Ikan kecil sangat bagus diberikan kepada belut terutama untuk belut yang masih bibit. Cara ini terbilang mudah mengingat Anda bisa langsung memberikannya ke dalam penampungan belut yang tersedia untuk makan hewan tersebut.

Cacing Tanah

Cacing tanah kaya akan protein dan karbohidrat yang baik untuk pertumbuhan belut. Cacing tanah juga merupakan pakan belut yang paling alami yang mudah sekali ditemukan. Segala jenis ikan termasuk belut pasti suka cacing. Anda hanya perlu membersihkan cacing yang sudah di ambil kemudian taruh dalam kolam.

Kepiting Air Tawar

Anda pasti sering menjumpai kepiting berkeliaran di sekitar sungai. Daripada di biarkan saja lebih baik manfaatkan itu untuk umpan belut. Kepiting yang sudah di cincang kecil-kecil di percaya bagus untuk meningkatkan nafsu makan belut.

Baca Juga :   Budidaya Ikan Secara Aquaponik

Belatung

Banyak orang jijik dengan hewan yang satu ini. Namun, belatung kaya akan protein yang baik untuk tumbuh kembang belut. Banyak peternak belut kini membudidayakan belatung untuk pakan. Selain murah, hewan ini juga mudah di kembangkan. Tentu saja harus ahli dahulu sebab belatung berbahaya bagi kesehatan manusia.

Itulah 5 pakan belut yang bagus untuk budidaya. Sebenarnya masih banyak pakan alami lain yang bagus untuk budidaya belut. Bagaimanapun upayakan selalu memberikan pakan alami seperti di atas agar kualitas belut terjaga dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.