Ikan Betutu Yang Ternyata Penuh Khasiat Tinggi

oleh -519 views
Ilustrasi Ikan Betutu - Foto pinterest
Ilustrasi Ikan Betutu -Foto : pinterest

Panennews.com – Ikan betutu (oxyeleotris marmorata) atau yang biasa dikenal sebagai gabus malas ternyata memiliki khasiat yang sangat baik untuk tubuh manusia. Ikan ini ternyata mulai diminati oleh pasar luar negeri. Ikan yang tersebar di kawasan Asia Tenggara termasuk Nusantara memang kebanyakan berukuran kecil.

Ikan betutu memiliki sebutan yang begaram di berbagai daerah. Ada yang menyebutnya bakut, bakutut, belosoh, boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu, dan sebagainya.

Sementara itu, dalam bahasa inggris, ikan betutu disebut sebagai marble goby atau marble sleeper, yang merujuk pada pola warna di tubuhnya yang serupa batu pualam kemerahan.

Baca Juga :   KKP Lestarikan Ikan Endemik Di Waduk Jatibarang

Ikan ini umumnya bertubuh kecil hingga sedang dengan kepala yang besar. Panjang maksimal tubuhnya sekitar 65 cm, namun umumnya hanya sekitar 20 – 40 cm. Tubuhnya berwarna merah bata pudar kecoklatan atau kehitaman, dengan pola-pola gelap simetris.

Seperti namanya, ikan betutu atau gabus malas ini memang malas bergerak dan berpindah tempat. Bahkan ketika diusik, ikan ini cenderung tetap diam di dasar perairan. Namun di malam hari, ia mulai aktif memburu udang, ikan-ikan kecil, yuyu, maupun siput air.

Baca Juga :   KKP Kawal Mutu Dan Kualitas Perikanan IKN

Lalu apa saja sih manfaat ikan betutu sehingga diminati pasar luar negeri dan dibandrol dengan harga tinggi ?.

Ikan betutu dipercaya dapat menghaluskan kulit dan menjaga kulit tampak awet muda karena kandungan Vitamin E yang terdapat di dagingnya. Ikan ini juga mengandung banyak enzim dan hormon yang dapat meningkatkan vitalitas kaum pria.

Kandungan albumin yang kaya pada ikan betutu juga berkhasiat mempercepat penyembuhan. Diantaranya pasca operasi, mempercepat pengeringan luka jahitan, menyembuhkan nyeri, membantu pengobatan patah tulang, mencegah infeksi hepatitis, dan menyembuhkan luka bakar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.