Begini Cara Mencangkok Salak dengan Mudah dan Cepat Tumbuh

oleh -89 views
Buah Salak
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Guna memperbanyak sebuah tanaman baik jenis buah-buahan hingga bunga, dapat dilakukan dengan mencangkoknya. Begitu pula dengan buah salak, ada cara mencangkok salak yang sederhana.

Pilih pohon induk yang sehat dan berusia sekitar enam sampai tujuh tahun. Setiap pohon induk bisa dicangkok sebanyak dua hingga lima tunas. Akan tetapi idealnya hanya dua saja.

Selanjutnya tunas tersebut diambil dari indukannya. Terlebih dahulu bersihkan daun kering dan pelepah di pohon induk agar tidak mengganggu. Lalu ambil tunas atau anakan, bisa diigali dari tanahnya agar akar tidak putus. Sebelumnya semprot dahulu dengan ZPT dengan dosis yang pas.

Baca Juga :   Apa itu Tanaman Transgenik Dan Bagaimanakah Tanaman ini Dibuat?

Tunas bisa diambil apabila tiga hingga empat daunnya sudah melebar. Kemudian masukkan ke wadah yang sebelumnya telah dilubangi. Isikan dengan pupuk kandang dan tanah menggunakan perbandingan 1:1.

Setelah berusia dua sampai lima bulan dari awal pencangkokan, tunas dapat dipindah ke polybag. Lakukan perawatan pada salak dengan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Bisa dengan memberi pupuk NPK sesuai takaran yang pas dan dilakukan secara teratur.

Kemudian tunas cangkokan dapat dipanen untuk dipindah ke lahan pada saat berumur enam sampai delapan bulan atau saat akarnya sudah cukup kuat.

Baca Juga :   Cempaka Kuning, Si Cantik yang Kaya Manfaat

Pencangkokan akan lebih baik jika dilakukan pada awal musim penghujan. Tujuannya agar cara mencangkok salak dapat berhasil dan tunas tumbuh sehat tanpa kekurangan air.

Komentar