Ikan Seluang, Ikan Mungil Yang Dapat Dikonsumsi

oleh -1,143 views
Ikan Seluang
Foto : Net via Indonesia.go.id

Panennews.com – Terletak di daerah tropis membuat Indonesia menjadi negara yang kaya akan keanekaragaman flora dan fauna. Sebut saja ikan. Ada beragam ikan baik ikan air laut maupun ikan air tawar yang bisa dikonsumsi ataupun tidak. Contoh salah satunya adalah ikan Seluang.

Ikan ini adalah salah satu ikan dari kelompok spesies Rasbora spp dengan morfologi khas berukuran kecil. Habitat ikan ini adalah di sungai dengan arus tenang atau di rawa berair. Ikan jenis ini dapat dijadikan sebagai ikan konsumsi ataupun ikan hias dan bisa bertahan hidup hingga 3 sampai 6 tahun.

Baca Juga :   Mengenal Ikan Tombro, Ikan Dengan Sisik Mencolok

Ciri-ciri ikan ini adalah bentuk tubuhnya pipih dan memanjang. Sisiknya relatif tipis. Saat masih kecil, warna ikan ini cenderung lebih putih keperakan. Di kedua bagian sisi tubuhnya terdapat garis kehitaman. Sementara ketika sudah dewasa warnanya kemudian memudar dan berubah menjadi kekuningan.

Ikan Seluang ini memang tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pangan saja, namun juga digunakan untuk ikan hias. Namun, potensi ikan ini membuat banyak orang kemudian membudidayakannya. Proses budidayanya juga tidak sulit, karena ikan ini bahkan bisa dipanen ketika ukurannya sudah mencapai 10cm.

Baca Juga :   Potensi Perikanan Tinggi, Pemda Jepara Imbau Nelayan Jual Ikan di TPI

Ikan tawar jenis ini banyak ditemukan di Benua Asia Tenggara dan Afrika, terutama di Indonesia. Di Indonesia sendiri, ikan ini tersebar cukup merata dari Sumatera, Jawa dan beberapa pulau lain. Terutama, hidup di daerah sungai serta di rawa air yang tenang.

Demikian penjelasan tentang ikan Seluang, yang merupakan ikan air tawar konsumsi. Meskipun demikian banyak pula yang membudidayakan ikan ini untuk dijadikan ikan hias.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.