Daun Mint Yang Berguna Dalam Keseharian

oleh -474 views
Ilustrasi Daun Mint Foto pinterest
Ilustrasi Daun Mint - Foto : pinterest

Panennews.com – Siapa yang tidak mengenal daun mint ( mentha ) banyak yang memasukkan bahan ini ke dalam produk konsumsi, seperti permen karet, pasta gigi, dan permen, dikarenakan kesan segar setelah menggunakannya.

Di luar produk olahan, daun mint segar juga bisa membantu kehidupan kita sehari-hari. Apalagi, ada sekitar 15 sampai 20 spesies tanaman keluarga ini, termasuk peppermint dan spearmint.

Daun mint mengandung antioksidan tinggi. Mint yang ditambahkan pada masakan juga bisa mengurangi asupan natrium berlebihan yang bisa menyebabkan tekanan darah tinggi. Berikut beberapa kegunaan daun mint yang sering kita temui pada kehidupan sehari – hari :

Meredakan Gatal – Gatal Akibat Alergi

Daun mint mengandung zat antioksidan dan anti- inflamasi yang disebut sebagai asam rosmarinik. Setelah dipelajari, kandungan tersebut terbukti efektif meredakan gatal-gatal akibat alergi. Caranya gampang, remas daun mint lalu gosokkan ke area yang gatal hingga rasa itu reda.

Baca Juga :   Kaya Manfaat Dari Buah Kesemek Yang Mampu Penuhi Kebutuhan Vitamin C Harian

Atasi Perut Kembung

Salah satu manfaat ramuan mint yang sejak dahulu digunakan yaitu sebagai obat yang membantu gangguan pencernaan. Mint dianggap dapat meningkatkan sekresi empedu dan mendorong aliran empedu yang membantu mempercepat dan memperlancar pencernaan.

Pereda Nyeri

Banyak jenis mint yang bisa dimanfaatkan untuk pereda nyeri alami. Penggunaan ekstrak peppermint sebagai obat luar terbukti meningkatkan ambang batas nyeri pada manusia.

Sementara, sebagian dari keluarga bushmint, mint Brazil (Hyptis crenata), terbukti efektif sebagai pereda nyari dengan efek seperti aspirin ketika dikonsumsi sebagai teh.

Baca Juga :   Sisal, Tumbuhan Penghasil Serat Yang Banyak Manfaat

Mengatasi Hidung Tersumbat

Daun mint adalah salah satu bahan yang umum digunakan oleh obat flu. Aroma mentolnya bisa membantu membuka saluran pernapasan karena mengandung anti – inflamasi. Selain itu, sifat antibakteri daun daun mint juga membantu mengobati infeksi akibat serangan bakteri.

Menghilangkan Napas Tidak Sedap

Rasa daun mint yang segar membuatnya sangat efektif untuk meringankan bau napas tidak sedap. Mengonsumsi teh daun mint efektif menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, daun mint juga akan menjaga mulut tetap lembap dengan merangsang produksi air liur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.