3 Jenis Melon Yang Populer Di Indonesia

oleh -35 views
Ilustrasi Melon Foto pinterest
Ilustrasi Melon - Foto : pinterest

Panennews.com – Melon (cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang termasuk dalam suku labu – labuan atau cucurbitaceae. Melon termasuk buah yang mudah didapatkan di pasaran. Sama halnya dengan buah segar lain, melon memiliki rasa manis dan kandungan air yang banyak, sehingga cocok dinikmati saat matahari bersinar terik.

Meski melon adalah sebutan untuk satu buah, tapi jenis melon ternyata beragam. Setidaknya ada tiga jenis melon yang bisa Anda temui di pasar.

Sky Rocket

Jenis sky rocket merupakan varietas yang paling banyak ditanam. Bibit buah melon ini berasal dari Jerman dan Taiwan, yang banyak dibudidayakan di tanah air adalah bibit asal Taiwan. Buah melon jenis ini berbentuk bulat, kulit buahnya tebal dan memiliki warna hijau pada permukaannya.

Baca Juga :   Pemerintah Lakukan Pemetaan Klaster Terhadap Tanah Pada Kebun Kakao Di Lampung

Seluruh permukaan kulit melon ini ditutupi sisik seperti jaring berwarna kelabu. Daging buahnya berwarna kuning kehijauan dengan rasa yang sangat manis. Melon jenis ini biasanya dimakan secara langsung ataupun dijadikan campuran dalam minuman dingin.

Golden Melon

Nama golden diambil dari kulit buahnya yang berwarna kuning keemasan. Daging buah pada melon jenis ini berwarna putih. Digolongkan ke dalam melon tipe kulit halus karena permukaan kulitnya yang halus dan mulus serta tidak berjaring.

Ada dua jenis golden melon yang dibudidayakan, yaitu golden light melon dengan bentuk bulat dan golden langkawi melon dengan bentuk lonjong. Jenis golden light lebih digemari karena ukurannya yang lebih kecil dibandingkan bentuk yang lonjong.

Baca Juga :   Rahasia Tumbuh Subur Industri Makanan dan Minuman di Indonesia

Melon jenis ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis. Teksturnya yang renyah membuat melon ini cocok dijadikan sebagai campuran dalam salad buah.

Rock Melon

Jika dilihat sekilas, buah melon jenis ini memiliki penampakan yang hampir sama dengan melon jenis sky rocket. Perbedaan pada kulit terlihat di tekstur jaringnya yang lebih jarang namun lebih tegas dan kasar.

Buah dari melon jenis ini memiliki warna oranye terang dan rasa yang manis. Kandungan air pada melon ini tidak sebanyak melon jenis sky rocket ataupun golden melon. Biji dari melon ini terlihat sedikit lebih besar dan kering. Melon ini cocok dijadikan campuran dalam es buah atau minuman segar.

Komentar