Akibat Kemarau, Omset Penjualan Ikan Hias di Pasar Jatinegara Turun

oleh -80 views
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo
Ilustrasi Ikan Cupang Nemo - Foto : Pinterest

Panennews.com – Usaha jual-beli ikan hias memang menjadi salah satu sumber pendapatan yang cukup meghasilkan. Pasalnya dengan modal sedikit, pengelolaan budidaya ikan hias ini justru dapat menghasil omset yang luar biasa banyak. Hal demikian memang kecenderungan yang terjadi di setiap tempat pasar penjualan ikan hias, hampir semua penjual menjual ikan hias puas dengan yang dia dapatkan.

Namun tidak demikian selalu mujur jika berbicara mengenai budidaya dan jual-beli ikan ini, mengingat untung dan rugi menjadi konsekuensi dari bisnis. Kondisi tersebut yang terjadi di penjual ikan hias di Jatinegara, Jakarta. Penjual ikan hias di Pasar Ikan Jenderal Urip, Jatinegara, Jakarta Timur, mengalami penurunan omzet selama musim kemarau. Penasihat Komunitas Pedagang Ikan Hias Jatinegara (Kopijati) Sofyan mengatakan, sudah sebulan lamanya, 200 penjual ikan hias di pasar itu alami penurunan omzet. Persoalan yang dialami oleh penjual adalah karena pasokan ikan berkurang drastis dari petani ikan di Sukabumi dan Bogor, Jawa Barat. Pengurangan ini bahkan mencapai lebih dari 50 persen dari pendapatan yang biasanya diperoleh. dari biasanya (31/10/2019).

Baca Juga :   Ikan Hias Unik dan Cantik, Clown Knife Fish

Pasokan ikan dari para petani ikan menyusut karena banyak ikan yang gagal panen, hingga akibatkan penurunan 40 persen. Beberapa jenis ikan yang gagal panen tersebut seperti ikan neon, guppy, dan rednose.

Komentar