Teknologi Tangkap Ikan yang Ramah Lingkungan Jadi Kebutuhan

oleh -20 views
Tempat Budidaya Ikan
Ilustrasi Hasil Tempat Budidaya Ikan - Foto : Freepik

Panennews.com – Beragam cara untuk meningkatkan kualitas dan menjaganya agar senantiasa berkelanjutan merupakan upaya yang selalu digemari. Dalam konteks perikanan, bidang perikanan yang berkelanjutan memang menjadi salah satu perhatian yang besar. Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui pengembangan inovasi teknologi perikanan yang ramah lingkungan. Salah satu teknologi yang popular di kalangan ini adalah kort nozzle yaitu jenis propeller kapal yang dapat meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar hingga 22,42%. Kelebihan teknologi ini adalah dapat menghemat biaya operasional serta lebih ramah lingkungan karena efisien dalam penggunaan energi, sehingga dapat meminimalisir pencemaran laut dalam penangkapan ikan.

Baca Juga :   Komet, Ikan Hias Cantik yang Cocok Dipelihara

Selain itu ada juga jaket tuna yang merupakan alat bantu penanganan ikan setelah  penangkapan dengan alat tangkap pancing ulur tuna (hand line). Penggunaan alat ini dipasang ketika mata kail pada pancing ulur termakan oleh tuna, untuk mengurangi gerakan ikan, sehingga mempercepat proses penangkapan ikan dan meningkatkan kualitas ikan tangkapan yang tidak tercemar.

Balai Besar Penangkapan Ikan (BBPI) dalam merespon perkembangan inovasi teknologi penangkap ikan ramah lingkungan ini menggelar agenda Gelar Teknologi Alat Tangkap Ramah Lingkungan yang biasanya dilakukan rutin setiap tahunnya guna mempromosikan beberapa alat unggulan penangkap ikan. Harapannya dengan banyak produk teknologi pro lingkungan ini akan membawa dampak positif tidak hanya bagi lingkungan dan hasil ikan yang ditangkap, namun juga terhadap perkembangan ekonomi dan kemudahan nelayan dalam menangkap ikan.

Komentar