Konsel Berpotensi Jadi Lumbung Komoditi Hortikultura

oleh -152 views
menanam tanaman
Foto: Freepik

Panennews.com – Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto bersama jajaran turun ke lapangan untuk mengunjungi wilayah yang berpotensi dalam pengembangan komoditas hortikultura. Salah satu yang dikunjungi adalah Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra). Kunjungan lapangan tersebut dilakukan dengan melakukan dialog pada Kelompok Tani Cerah Sejahtera.

Hal tersebut dilakukan oleh Prihasto sebagai bentuk respon cepat atas Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 yang berlangsung tanggal 1 hingga 5 November 2019. HPS merupakan kegiatan yang diselenggarakan rutin disetiap tahunnya. Pada tahun ini, HPS harus bisa menumbuhkan kesadaran bersama terhadap potensi sumberdaya alam serta tantangan dalam mewujudkan ketahanan pangan.

Baca Juga :   Kementan Pastikan Ketersediaan Beras Aman

Dengan kunjungan lapangan yang dilakukan, Prihasto menjelaskan bahwa Konsel memiliki potensi sumber daya yang alam yang besar untuk pengembangan komoditi Hortikultura seperti bawang merah, tomat dan cabai, sehingga jika dimaksimal dengan benar maka potensi tersebut dapat memberikan dampak yang luar biasa (3/11/2019).

Dalam kunjungan ini juga secara langsung Prihasto dengan didampingi Kepala Bidang Hortikultura Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sultra, Asmianto, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan, dan Hortikultura Konsel Nana Sudarna melakukan tanam perdana bawang merah varietas Lokananta dan meninjau areal pertanaman cabai dan tomat.

Baca Juga :   Tomat Dihargai Murah Dan Dibuang, DPD RI : Perlu Hilirisasi Hortikultura

Sebagai sumber pendapatan yang sangat menjanjikan, petani adalah pelaku utama dalam kemandirian pangan, sehingga ini sudah menjadi komitmen setiap pegawai Kementan apalagi penyuluh, untuk dekat dengan petani dan bisa memahami apa yang menjadi permasalahan dan harapan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.