5 Khasiat Buah Anggur Untuk Kesehatan Tubuh

oleh -18 views
Ilustrasi Anggur
Ilustrasi Anggur - Foto : Pixabay

Panennews.com – Buah anggur (vitis vinifera) merupakan tanaman semak belukar merambat yang masih tergolong dari keluarga vitaceae. Tanaman yang cukup banyak dibudidayakan ini memiliki kandungan yang beragam. Beberapa kandungan tersebut berupa polifenol, saponin, antioksidan, resveratrol, dan beberapa mineral lainnya.

Buah anggur sendiri dibedakan dari warna diantaranya, merah, hijau, dan hitam. Perbedaan dari 3 warna tersebut semakin pekat warna buah, maka kandungan fitonutrien dan antioksidan-nya semakin besar. Berikut ini khasiat buah anggur untuk tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Buah anggur yang dipercaya mengandung polifenol membantu mencegah penyakit kardiovaskular, melawan radikal bebas, dan mengurangi resiko terjadinya aterosklerosis (pengerasan dinding pembuluh darah arteri). Serat dan kalium yang terdapat dalam buah ini juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Menjaga Kadar Kolesterol

Mineral saponin yang terdapat pada buah anggur, mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam tubuh sebelum diserap oleh darah. Dengan begitu kadar kolesterol tetap seimbang, dan bisa menjauhkan anda dari penyakit obesitas atau penyakit jantung.

Mencegah berkembangnya kanker

Anggur merah memiliki kandungan resveratrol tinggi. Mineral tersebut termasuk kedalam jenis antioksidan yang berfungi mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan ini juga berfungsi menghalau sinar ultrabviolet A (UVA) dan B (UVB). Karena paparan sinar tersebut beresiko menyebabkan kanker kulit.

Mencegah penuaan dini

Khasiat yang didapat dari buah anggur sendiri salah satunya membantu membuat sel hidup lebih lama, dengan mendorong perkembangan gen panjang usia. Semua itu dikarenakan adanya kandungan resveratrol dalam anggur. Selain itu anggur juga mengandul lemak tak jenuh ganda, berupa asam lemak esensial linolenat. Kandungan yang berfungsi untuk melindungi dan meningkatkan sesitivitas kulit.

Mengurangi resiko diabetes

Hasil dari penelitian menunjukkan, konsumsi tiga porsi anggur per minggu, mampu menurunkan resiko diabetes tipe 2. Anggur yang memiliki kandungan antioksidan tinggi, diyakini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Itulah 5 khasiat yang bisa didapat dari mengkonsumsi buah anggur.