Jarang Diekspos, Ini 3 Penyebab Bibit Lele Budidaya Banyak Yang Mati

oleh -5 views
Group of African Sharptooth Catfish (Clarias gariepinus)
Foto : Pixabay

Panennews.com – Membudidayakan ikan lele memang harus sejajar dengan pengetahuan yang mendalam. Pasalnya, budidaya ikan tersebut membutuhkan perawatan yang lumayan terbilang gampang-gampang susah.

Salah satu halangannya, bibit lele banyak yang mati saat membudidayakannya. Hal ini bukan tanpa sebab, melainkan ada beberapa penyebabnya. Adapun penyebab bibit lele banyak yang mati antara lain.

Terserang Hama Penyakit

Bibit lele yang terserang hama penyakit menganggu proses tumbuh kembangnya, sehingga otomatis produktivitas bibit lele pun biasanya menjadi lebih turun. Selain itu, bibit lele yang terserang penyakit juga memiliki daya tahan tubuh yang tidak kebal. Oleh sebab itu, bibit lele tersebut dapat menyebabkan kematian secara mendadak.

Baca Juga :   Cegah Rusaknya Ekosistem, KKP Musnahkan Belasan Ikan Invasif

Kualitas Air Jelek

Kualitas air kolam budidaya yang jelek, biasanya dapat menyebabkan bibit ikan lele cepat mati. Pasalnya, kualitas air yang jelek biasanya mengandung virus dan bakteri yang dapat mengancam nyawa bibit lele. Tak hanya itu, kualitas air yang jelek juga membuat produktivitas bibit lele menjadi lebih turun dari biasanya. Hal ini bisa menganggu tumbuh kembang bibit lele, sehingga membuat lele cepat mati.

Pemberian Pakan Berlebihan

Pakan merupakan hal yang sangat penting sebagai penopang dan penunjang kehidupan bibit lele. Namun, jika pemberian pakan tersebut secara berlebihan tentunya akan menganggu ekosistem dan keberlangsungan hidup bibit lele. Pasalnya, pemberian pakan secara berlebihan dapat membuat bibit lele merasa kekenyangan. Akibatnya, bibit lele tidak berproduksi dengan baik sehingga bisa menyebabkan kematian secara cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.