Tekan Impor, Mentan Dukung Penuh Pengembangan Sentra Kambing Perah

oleh -8 views
Menteri Pertanian di sentra kambing perah di Sleman. - Foto : Dok. Pemkab Sleman
Menteri Pertanian di sentra kambing perah di Sleman. - Foto : Dok. Pemkab Sleman

Panennews.com – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mendukung penuh pengembangan kawasan kambing perah secara terintegrasi di Daerah lstimewa Yogyakarta. Langkah ini dapat menekan angka impor di bidang pertanian dan peternakan yang cukup besar.

Hal ini disampaikan dalam Sarasehan Pengembangan Kawasan Kambing Perah, Sabtu (29/6/2024), di Bhumi Nararya Farm, Kalurahan Girikerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, DIY.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya peningkatan populasi, produksi, diversifikasi olahan produk, serta optimalisasi pemanfaatan susu kambing perah. Langkah tersebut, diharapkan dapat mendukung penanganan stunting dari sisi protein hewani yang berasal dari susu kambing.

Menteri Amran menyampaikan apresiasinya atas inovasi masyarakat di kawasan Kemirikebo, khususnya di Bhumi Nararya Farm, yang telah mendukung pengembangan kawasan kambing perah.

Baca Juga :   Jelang Bulan Ramadhan, Bapanas Gencarkan Penyaluran Beras SPHP

Amran menyebut, upaya ini menjadi langkah positif dalam meninimalkan nilai impor. “Akan kita bahas bersama insentif apa yang dibutuhkan. Kalau ini dikembangkan, ini bisa mengurangi impor dari negara lain,” jelas Amran.

Menteri Pertanian melanjutkan, nilai impor yang saat ini mencapai angka Rp37 triliun menjadi kondisi yang memprihatinkan. Ia berharap petani dan peternak Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pangan lokal agar dapat menikmati manfaat yang lebih besar, khususnya pada bidang ekonomi.

Ia mengatakan, Kementerian Pertanian RI akan memberikan dukungan kepada peternak dengan melakukan diskusi bersama. “Kita bayangkan kalau kita bisa penuhi sendiri, ini uang bisa berputar. Bayangkan uang kita tidak dibelanjakan ke luar negeri. Nah, ini akan kita support,” paparnya.

Baca Juga :   3 Jenis Ayam Ini, Punya Daging Banyak Dan Sangat Laris Di Pasaran

Sekretaris Daerah Sleman, Susmiarto menyambut baik dukungan Kementerian Pertanian dalam mewujudkan Sleman sebagai Sentra Kambing Perah. Dukungan ini menjadi motivasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kehadiran Pak Menteri ini tentu sangat memberikan motivasi. Dan tadi sudah dilaporkan bahwa penduduk yang bergerak di sektor peternakan yang sudah dibangun sejak tahun 1990-an ini ekonominya meningkat. Jadi sekarang dampaknya bisa dirasakan masyarakat,” kata Susmisrto.

Selain menekan angka impor, Susmiarto berharap upaya peningkatan produktivitas peternak lokal ini dapat memberikan nilai tambah bagi ekonomi keluarga dan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.