PJ Sekda NTB, Dampak Kekeringan dan Karhutala Jadi Perhatian Pemprov NTB

oleh -8 views
PJ Sekda NTB, Ibnu Salim
PJ Sekda NTB, Ibnu Salim (Panennews.com/H Wardi)

Panennews.com– Penjabat (Pj) Sekda NTB, Ibnu Salim menyatakan Pemprov dan pemangku kebijakan terkait sudah melakukan koordinasi strategis bersama kabupaten/kota untuk mengantisipasi dampak pergantian musim di NTB.

Selain kebakaran hutan sambung Ibnu, dampak kekeringan juga menjadi prioritas pemerintah untuk ditangani. Salah satunya dengan melakukan rekayasa cuaca.

Rekomendasi kesiapsiagaan bencana kekeringan dan Karhutla ini berdasarkan koordinasi teknis pihak terkait se kabupaten/kota yang dihadiri 80 orang perwakilan dari TNI/Polri, instansi, lembaga swadaya dan lembaga lain yang terkait,” terang Ibnu.

Baca Juga :   Potensi Kekeringan Panjang, Presiden Tinjau Pompanisasi Di Kotawaringin Timur

Untuk mengantisipasi kekurangan air bersih yang berkepanjangan saat musim kemarau, juga diperlukan upaya strategis dengan memperhatikan pencegahan, dalam hal ini langkah permanen dalam menyelesaikan kekeringan.

“Kita berharap rapat koordinasi ini akan menghasilkan langkah strategis. Selain dukungan anggaran, pencegahan atau mitigasi harus dilakukan terus-menerus untuk mengurangi resiko bencana, seperti pembuatan sumur bor dan sumber air lebih awal,” ujarnya zKa.is (13/7/2024).

Diharapkan, dengan dilaksanakannya rapat koordinasi siaga darurat kekeringan dan Karhutla ini, pihak OPD dan lembaga terkait juga melakukan Rakor untuk mengidentifikasi kendala-kendala apa saja yang menjadi masalah dalam penanganan bencana kekeringan dan Karhutla. Tujuannya, adalah untuk meminimalisir masyarakat yang terdampak bencana dalam musim kemarau tahun ini.

Baca Juga :   Beras Lagi Mahal, Ini 3 Jenis Makanan Bisa Jadi Pengganti Nasi

“BPBD kabupaten/kota diharapkan untuk mengeluarkan status siaga darurat menghadapi bencana kekeringan dan Karhutla di Provinsi NTB,” pinta Ibnu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.