Meningkatkan Kesejahteraan Petani, Bupati Sumba Barat Tanam Sayuran Bersama Masyarakat

oleh -9 views
Bupati Sumba Barat Yohanes Dade bersama masyarakat menanam sayur.(Dok. Istimewa)
Bupati Sumba Barat Yohanes Dade bersama masyarakat menanam sayur.(Dok. Istimewa)

Panennews.com – Dalam rangka upaya mendorong kemandirian pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani, Bupati Sumba Barat Yohanis Dade melakukan penanaman bibit sayuran bersama masyarakat Desa Harona Kalla, Selasa, (11/06/2024).

Dalam kegiatan ini didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Camat Lamboya Barat.

Saat melakukan kunjungan kerja di Desa Harona Kalla Bupati Yohanes Dade tidak saja memberikan sapaan atau pidato mengenai program pembangunan saja. Tetapi turun tangan menanam bibit sayuran bersama masyarakat setempat.

“Desa harona Kalla ini cukup subur. Harus diberdayakan selain untuk tanaman jagung dan padi sawah, juga perlu tanaman hortikultura, sayur mayur. Pasarannya jelas ke Kota Kecamatan atau Kabupaten. Bahkaan diDesa Lain pedadagang sayur langsung turun beli langsung di kebun ,” tegas Yohanes Dada.

Baca Juga :   Sayuran Sawi, Dari Jenisnya Sampai Kegunaannya

Lebih lanjut Bupati Yohanis mengajak semua pihak untuk terus bersinergi dalam membangun pertanian yang berkelanjutan dan memperkuat ketahanan pangan di Kabupaten Sumba Barat.

“Saya minta Dinas terkait untuk perhatikan kesuburan lahan di Desa Harona Kalla ini. Perlu membangun di sektor pertanian yang berkesinambungan. Ini untuk memperjuat ketahanan pangan nasionnal khusunya Sumba Barat ,”kata Yohanes Dade.

Untuk Bupati Yohanis Dade berjanji untuk memperhatikan Desa Harona Kalla.

“Untuk itu saya minta instansi terkait, Dinas Pembangunan Masyarakat Desa, Dinas Pertanian dan Dinas Peternakan untuk membantu dengan dana yang sudah ada di APBD, segera realisasikan,” kata Yohanes.

Baca Juga :   Hadapi El Nino, Petani, Penyuluh, dan Peneliti Harus Berkolaborasi

Sementara itu Kepala Desa Harona Kalla OctavianusTadi, menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja Bupati daan turun tangan langsung m bersama masyarakat menanam sayur mayur.

“Lahan di Desa kami seperti yang Pak Bupati lihat ini cukup subur. Sebagian besar lahan sudah dimanfaatkan baik untuk tanaman jagung, padi dan sayur mayur. Kesulitan kami adalah masalah bibit. Ada yang jual tetapi terbentur daya beli, masyarakat tidak mampu. Mohon dukungan Pemerintah Kabupaten ,” harap Octavianus.

Bantuan yang diharapkan jelas Oktavianus Tadi, antaranya sumur bor, pembangunan saluran perpipaan.

“ Dua yang diminta ini sangat dibutuhkan. Untuk mengairi sawah begitu pula tanaman hortikultura, sayur mayur,” kata Octavianus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.