Jelang Idul Adha, Penjualan Domba Garut Meningkat Secara Signifikan

oleh -6 views
Kandang Domba Terkoleksi
Dok. Istimewa

Panennews.com – Kepala Bidang Peternakan Diskannak Garut M. Luqman Ismail menyebutkan, Diskannak memiliki 2 pasar hewan di Wanaraja dan Bayongbong.

Menjelang Idul adha, Pasar Hewan Wanaraja yang biasanya beroperasi Rabu dan Minggu akan ditambah menjadi tiga hari.

Penjualan domba meningkat signifikan hingga 20% menjelang Iduladha, dengan kapasitas pasar mencapai 800 ekor per hari. Adapun range harga domba jantan untuk qurban di Pasar Hewan Wanaraja ini berkisar di angka Rp3-8 juta.

“Biasanya kita memasarkan (terjual) sekitar 200 ekor per hari pasar, cuman di menjelang hari qurban ini ada terjadi peningkatan sekitar 300 ekor per hari pasar, dan ini kemungkinan akan terus meningkat menjelang Hari Raya Idul qurban, perkiraan kami akan terjadi pemasaran sekitar 500 ekor per hari pasar,” ucapnya, Minggu (02/06/2024).

Baca Juga :   Ribuan Ton Daging Sapi Siap Amankan Kebutuhan Lebaran

Sementara itu, Pemilik PD Berkah Farm Fendy menyebutkan, peningkatan penjualan sapi, meskipun harga naik sekitar Rp2 juta dari tahun lalu.

Lebih lanjut, kenaikan harga ini menurutnya disebabkan akibat wabah penyakit yang tahun lalu merebak hingga menyebabkan populasi sapi menurun, selain dikarenakan naiknya biaya pakan ternak dan biaya transportasi.

“Sapi yang termurah harganya 23 (juta), yang termahal 80 juta, (sapi jenis) simental. Insyaallah kan ada waktu masih 20 hari lagi lah, insyaallah pasti bertambah (penjualan). Saya mah target paling 150 ekor lah,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.