Ikan Gurame Terserang Jamur, Begini Penyebab Dan Cara Mengobatinya

oleh -16 views
Ilustrasi Ikan Gurame Foto pinterest
Ilustrasi Ikan Gurame - Foto : pinterest

Panennews.com – Siapa sih yang tidak mengenal ikan gurame. Ikan tersebut merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang banyak dibudidayakan.

Dalam membudidayakan ikan gurame, biasanya ikan konsumsi ini kerap terserang berbagai hama dan penyakit. Salah satu hama yang menyerang ikan gurame yaitu jamur.

Ada beberapa faktor utama yang menyebabkan ikan gurame terserang penyakit jamur. Adapun penyebab yang pertama yaitu kualitas air budidaya ikan gurame cenderung buruk dan tidak berkualitas.

Air yang tercemar bahan organik biasanya menimbulkan bakteri dan virus. Dari bakteri tersebut biasanya air kerap terkontaminasi, sehingga hal itu yang menyebabkan ikan gurame terkena penyakit jamur.

Baca Juga :   Ketahui Ciri-Ciri Pakan Ikan Hias Discus Yang Berkualitas

Selain itu, pakan yang kurang akan kandungan nutrisinya juga jadi penyebab gurame terkena jamur. Pasalnya, pakan dengan kandungan gizi yang tak lengkap tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ikan gurame.

Dengan begitu, karena kurangnya nutrisi pada ikan gurame biasanya menyebabkan ikan tersebut lebih cepat mudah terkena jamur. Oleh sebab itu, berikan pakan dengan kandungan gizi yang lengkap.

Lebih jauh, terjangkitnya stres pada ikan gurame juga jadi penyebab jamur menginfeksi tubuh gurame. Kondisi stres ini dapat menurunkan produktivitas ikan gurame, sehingga gurame lebih rentan terserang jamur.

Sementara itu, cara mengatasi dan mengobati gurame yang terserang jamur yaitu jaga selalu kualitas air agar tidak buruk dengan mengatur suhu kolam dan kebersihan kolam.

Baca Juga :   Sekjen Komunitas Petani : Harus Ada Cara-cara Efesien Dalam Penanaman Jagung

Pasalnya, menjaga dan mengatur suhu air pada kolam tersebut nantinya akan berdampak pada kualitas air sehingga menjadi baik. Dengan begitu, cara ini jadi pencegahan terhadap jamur pada ikan gurame.

Tak hanya itu, berikan juga pakan dengan kandungan gizi serta nutrisi yang lengkap. Pakan dengan kandungan gizi lengkap nantinya akan meningkatkan produktivitas ikan gurame.

Lebih jauh lagi, dengan pakan yang lengkap akan kandungan nutrisi biasanya dapat meningkatkan daya tahan tubuh ikan gurame. Oleh sebab itu, ke depan ikan gurame tidak akan mudah terserang jamur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.