Tips Mudah Memilih Kambing Kurban Yang Baik Dan Berkualitas

oleh -50 views
Ilustrasi Kambing
Ilustrasi Kambing - Foto : Pixabay/@Couleur

Panennews.com – Hari raya idul adha yang sebentar lagi akan tiba, biasanya jadi momentum untuk menyemblih hewan kurban. Biasanya banyak dari kalangan masyarakat tengah memilih kambing sebagai hewan kurbannya.

Agar kurban sah menurut ketentuan agama, maka hewan kurban berupa kambing ini harus tetap terjaga kesehatan hingga kesuciannya. Dengan begitu, pemilihan kambing kurban ini harus dilakukan dengan baik.

Secara umum, dalam memilih kambing kurban ada beberapa tips yang salah satunya yaitu pilih jenis kambing yang sehat dan tidak cacat fisik dalam maupun luarnya.

Pasalnya, jenis hewan yang akan dikurbankan tentunya memiliki kriteria yang sehat dan tidak cacat. Hal ini untuk memastikan jenis kambing kurban tetap sehat dan lengkap seluruh tubuhnya.

Baca Juga :   Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Jenis Perkutut Jantan Dan Betina

Selain itu, pilih juga kambing kurban yang memiliki usia lebih dari 2 tahun. Biasanya jenis kambing pada usia tersebut tengah cocok untuk disembelih, karena mempunyai kualitas yang baik.

Mengingat, ketentuan hewan kurban secara umum yaitu memiliki usia minimal 1 tahun. Oleh sebab itu, pilihlah kambing kurban yang mempunyai usia 2 tahun keatas agar keadaannya maksimal.

Lebih lanjut, kambing yang mempunyai bobot gemuk juga jadi kriteria hewan kurban. Pasalnya, kambing dengan bobot gemuk nyaris memiliki daging yang banyak sehingga sangat cocok untuk jadi hewan kurban.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Nunukan

Adapun tips selanjutnya yaitu pilihlah kambing dengan bobot yang gemuk. Biasanya bobot yang gemuk pada hewan kambing mempunyai berat hingga berkisar antara 35 – 60 kilogram.

Lebih jauh, kambing yang sehat biasanya mempunyai bulu yang tebal dengan hidung yang tidak berlendir. Pasalnya, kriteria tersebut bisa dipastikan bahwa kambing tersebut memiliki tubuh yang sehat.

Dengan begitu, tips memilih kambing kurban berikutnya yaitu pilih jenis kambing dengan bulu tebal dan hidung tidak berlendir karena tidak terdapat penyakit pada kambing tersebut sehingga cocok untuk dikurbankan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.