Genjot Produksi, Kementan Tanam Padi Gogo Bersama Di Kabupaten Lebak

oleh -10 views
kementan-padi-gogo
Foto : Dok. Kementan

Panennews.com – Demi memperkuat produksi padi gogo dan memenuhi kebutuhan pangan daerah bahkan skala nasional.

Mewakili Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan (Sesditjenbun), Heru Tri Widarto, lakukan tanam padi gogo di Kec Maja Kab Lebak Banten, Senin (27/05/2024).

Heru mengapresiasi upaya dan kinerja petani maupun pemda setempat dalam memperkuat ketahanan pangan nasional.

Sesditjenbun selaku penganggung jawab Satgas Antisipasi Darurat Pangan Provinsi Banten bersama Dinas Pertanian Provinsi maupun Kabupaten Banten, beserta BSIP terus mendorong dan membantu mengawal para kelompok tani agar mendukung program pemerintah, melakukan penanaman padi gogo, termasuk di Desa Maja.

“Tanam padi gogo bisa tanam di lahan kopi, atau lahan perkebunan lainnya, agar benih dapat tersedia pemerintah mengupayakan membangun desa mandiri benih. Bantuan alat dari pemerintah baik itu traktor maupun pompa agar dapat dimanfaatkan dan dirawat,” ujarnya.

Baca Juga :   Pasca Panen Raya Padi, Merauke Pasok Beras Ke Sejumlah Kabupaten Sekitar

Heru menjelaskan, sesuai arahan Menteri Pertanian agar pihak akademisi/universitas, pemda maupun BSIP sekaligus para kelompok tani agar bersama-sama mengawal calon lahan untuk benih, direncanakan sekitar 5.000 ha untuk sumber benih.

Lebih lanjut Heru mengatakan, beberapa waktu lalu telah terdistribusikan bantuan benih padi varietas Gamagora 7 sebanyak 400 kg.

Hasil penelitian dari Universitas Gadjah Mada kepada petani di Kota Serang, Provinsi Banten melalui Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian (BPSIP) Banten. Jadi tak hanya padi gogo, padi varietas Gamagora 7 ini juga bisa dikembangkan.

“Diharapkan kedepannya Desa Maja bisa menjadi Desa Benih, dan semoga Banten bisa memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri,” ujar Heru.

Baca Juga :   Peneliti BRIN Sulap Limbah Padi Dan Sawit Jadi Produk Biosilika

Sementara itu, Kepala BSIP Banten mengatakan, padi gogo ini dirancang untuk ditanam di lahan kering atau tahan kekeringan.

Kementan memiliki banyak program, salah satunya penambahan areal tanam, tanam padi gogo maupun pompanisasi.

Adapun Pemerintah saat ini sedang berupaya menyediakan sumber benih agar terpenuhinya kebutuhan benih dan bisa terdistribusi ke semua kelompok tani.

Sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) dan Dinas Pertanian, Kec Maja juga sebagai penghasil benih, dan giat melakukan pengembangan padi gogo.

“Kelompok tani mengapresiasi bantuan pemerintah untuk para petani di Desa Maja. Kelompok Tani di Desa ini juga turut mengajak masyarakat di Desa nya terutama generasi muda agar menggeluti langsung ikut menanam” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.