Banyak Panen Raya, Harga Gabah Di Bantul Berangsur Turun

oleh -7 views
Dok. Kementan
Dok. Kementan

Panennews.com – Ada banyak panen raya padi yang tengah digencarkan oleh petani pada daerah Bantul, Yogyakarta, Jawa Tengah pada bulan Maret hingga April 2024.

Meski demikian, harga gabah daerah Bantul itu sendiri berangsur semakin menurun. Hal ini membuat sebagian besar petani tengah mengeluh.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul, Kusumandari menyampaikan penurunan harga gabah tersebut tengah terjadi sejak 2 minggu lalu.

Lebih lanjut, Dia memperkirakan penurunan harga gabah ini berlangsung hingga 1 bulan ke depan meski banyaknya panen raya pada daerah Bantul.

“Memang benar adanya, harga gabah di Bantul berangsur turun. Hal ini tengah berlangsung sejak 2 minggu lalu, sehingga saya bisa memperkirakan ini akan berlangsung hingga 1 bulan ke depan” kata Kusumandari di Bantul, Kamis (18/04/2024).

Baca Juga :   Ekspor Perdana 52 Ton Santan Kelapa Asal Minahasa Ke Tiongkok

Berdasarkan catatan DKPP Bantul pada minggu keempat bulan maret 2024, harga gabah di Bantul hingga mencapai kisaran Rp6,300 per-kilogram. Kemudian harga tersebut kian menurun pada awal april hingga menyentuh angka kisaran Rp5,800 per-kilogram.

“Catatan DKPP Bantul harga gabah pada minggu keempat maret berkisar antara Rp6,300 per-kilogramnya. Lalu pada awal april, harga gabah kian merosot hingga mencapai kisaran Rp5,800 per-kilogramnya” lanjutnya.

Sementara itu, salah satu petani daerah Bantul bernama Tamantirto mengaku penurunan harga gabah ini bisa merugikan banyak petani. Lantaran pupuk yang mahal, namun hasil panen berupa gabah terjual murah.

Baca Juga :   Panen Raya Tebu Di Sleman, Wujudkan Swasembada Gula

“Menurut saya, ini bisa merugikan petani jika harga gabah dijual sangat murah. Karena kan pupuknya mahal ya, tapi harga gabah kita dijual sangat murah” kata Tamantirto.

Lebih jauh, Tamantirto beserta kelompok petani di Bantul berharap penurunan harga gabah ini bisa segera teratasi. Dia meminta pemerintah terkait bisa segera mengatasinya, sehingga harga gabah bisa kembali normal.

“Saya berharap dan meminta pemerintah bisa segera mengatasi persoalan harga gabah yang murah ini. Harapannya, harga gabah di Bantul ini bisa segera teratasi dan normal kembali” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.