Pemprov NTB Gelar Gerakan Pangan Murah, Dorong Diversifikasi Pangan

oleh -2 views
minyak goreng curah_3
Foto : Panen News

Panennews.com – Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB melaksanskan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang berlangsung di Lapangan Karang Pule, Kecamatan Sekarbele, Kota Mataram, Rabu (20/03/2024).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB, Abdul Azis, mengatakan, bahwa tujuan kegiatan ini untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat sehingga memperoleh harga yang murah, serta untuk pengendalian inflasi daerah.

“Kegiatan ini tentunya agar masyarakat mendapatkan pelayanan dan memperoleh harga yang murah,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, bahwa ketahanan pangan yang paling penting adalah semua pemerintah daerah Provinsi/Kabupaten/Kota harus memiliki cadangan pangan yang cukup, baik dalam rangka penanganan rentan rawan pangan maupun penanganan bencana alam.

Baca Juga :   Lahan Pertanian di Pati Tergerus Pembangunan, Produksi Pangan Menurun

Kedua, terkait gerakan Diversifikasi pangan merupakan upaya untuk mendorong masyarakat agar memvariasikan makanan pokok yang dikonsumsi sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja.

“Jangan terlalu banyak makan nasi, harus diselingi dengan yang lain agar kebutuhan energinya terpenuhi,” ungkapnya.

Keamanan pangan juga tidak kalah penting, baik di pre-market dan pos-market. Pre-market yang akan di pasarkan sedangkan pos-market yang sudah ada dipasar pasar tradisional.

“Melalui pre market dan pos market kita intens melakukan pengujian bahan pangan tersebut aman untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Baca Juga :   Dorong GRATIEKS, Banyumas Bentuk Tim Terpadu

Gerakan Pangan Murah diselenggarakan di seluruh Kabupaten/Kota, sehingga seluruh masyarakat dapat memperoleh bahan pokok dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.