Ternyata ini 3 Tantangan Dalam Budidaya Ikan Mujair, Apa Saja?

oleh -33 views
Ikan Mujair
Foto : Pixabay

Panennews.com – Budidaya ikan mujair kini tengah menjadi primadona pada kalangan pembudidaya ikan. Pasalnya, budidaya jenis ikan ini dinilai memiliki banyak keuntungan dan kelebihannya.

Selain memiliki banyak keuntungan, budidaya mujair ini ternyata mempunyai juga tantangan yang cukup banyak. Tantangannya ini jarang sekali orang mengetahuinya, adapun tantangan dalam membudidayakan mujair diantaranya.

Mudah Terserang Penyakit

Dalam membudidayakan mujair, tak jarang jenis ikan tersebut cukup mudah terserang penyakit. Hal ini merupakan salah satu tantangan, biasanya penyakit tersebut dapat menyerang mujair meliputi bintik putih hingga gangguan pernafasan. Selain itu, tak jarang juga mujair kerap jadi santapan predator seperti ular air hingga pemangsa sejenisnya.

Baca Juga :   Dorong Kemandirian Desa, KKP Luncurkan Program Sinergitas Dewi Bahari di Lombok Timur

Air Cepat Kotor

Salah satu tantangan dalam membudidayakan ikan mujair yaitu air kolam cepat kotor. Pasalnya, kualitas air dalam membudidayakan ikan ini cepat meningkat kadar amonia hingga nitrat pada air. Dengan begitu, pada peningkatan kadar amonia tersebut biasanya menjadikan air cepat kotor. Selain itu, kadar pH air pun juga cepat berubah dalam membudidayakan ikan tersebut. Oleh sebab itu, ini menjadi tantangannya.

Pasar Yang Terbatas

Ikan mujair belom cukup terkenal dan dikenal oleh kalangan masyarakat luas. Meski memiliki daging yang enak, namun popularitasnya kalah terkenal jika dibandingkan dengan jenis ikan lele hingga nila. Oleh sebab itu, ikan mujair ini memiliki pasar yang sangat terbatas. Dengan begitu, tentunya ini menjadi salah satu halangan dan rintangan pada saat membudidayakan ikan mujair.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.