Pasar Domba Unggulan Di Garut, Tingkatkan Daya Saing Ternak

oleh -26 views
Kandang Domba Terkoleksi
Dok. Istimewa

Panennews.com – Pasar Domba Unggulan kini menjadi daya tarik utama yang berlokasi di Lapangan Pamidangan Arlamba Rancabango, Kabupaten Garut.

Pasar Domba ini dibuka setiap hari Sabtu, pada minggu ke-2 dan ke-4 tiap bulannya, pasar ini menjadi inisiatif Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Kabupaten Garut untuk meningkatkan daya saing ternak domba Garut.

Menurut Kepala Bidang Peternakan Diskannak Kabupaten Garut M. Luqman Ismail, Pasar Domba Unggulan menawarkan 100 hingga 150 ekor domba setiap harinya.

Tujuan utamanya yaitu mempermudah promosi dan pemasaran ternak domba Garut, sambil memberikan kesempatan bagi peternak untuk efektif dan efisien dalam penjualan.

“Dan juga bisa mengakomodir kebutuhan-kebutuhan masyarakat, bukan hanya masyarakat di Kabupaten Garut, masyarakat di luar Kabupaten Garut juga ini lebih mudah mendapatkan akses,” kata Luqman dalam keterangannya di Kantor Diskannak Kabupaten Garut, Senin (08/01/2024).

Baca Juga :   Ketahui Penyebab Kucing Sering Pilek, Begini Cara Mudah Mengatasinya

Luqman menjelaskan, pasar ini tidak hanya melayani kebutuhan lokal Garut, tetapi juga memberikan akses lebih mudah kepada masyarakat di luar wilayah untuk mendapatkan domba unggulan dari peternakan Kabupaten Garut.

Pasar Domba Unggulan menyediakan berbagai kategori domba jantan, mulai dari petet, jajalon (domba muda), hingga domba dewasa untuk domba ketangkasan atau calon pejantan. Tersedia juga domba Garut betina dengan kriteria indukan unggulan.

Antusiasme positif terlihat dari peternak sebagai produsen dan konsumen lokal. Meskipun mayoritas pembeli berasal dari Kabupaten Garut, beberapa konsumen dari luar seperti Bandung, Majalengka, dan Cianjur juga telah melakukan transaksi di Pasar Domba Unggulan.

Baca Juga :   3 Tips Paling Ampuh Tingkatkan Nafsu Makan Bebek Pedaging

“Mayoritas pembeli selama ini masih lokal di Kabupaten Garut, meskipun ada beberapa kunjungan dari beberapa masyarakat ataupun konsumen peternak domba dari luar Kabupaten Garut, seperti halnya dari Bandung, Majalengka, dari Cianjur, ini sudah melakukan kunjungan dan transaksi di Pasar Domba Unggulan,” ucapnya.

Luqman berharap keberadaan Pasar Domba Unggulan ini akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat peternak dan secara luas memperkuat daya saing ternak domba Garut.

Selain itu, diharapkan juga akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian di sekitar Tarogong Kaler dan wilayah Kabupaten Garut secara keseluruhan.

“Secara multiplier efeknya, perekonomian-perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah sekitar Tarogong Kaler, dan juga umumnya di wilayah Kabupaten Garut ini dapat meningkat, dengan adanya aktivitas Pasar Domba Unggulan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.