NTB Jadi Penyumbang Pergerakan Wisatawan Nusantara Tertinggi Nasional

oleh -12 views
Desa Wisata Labuhan Lombok
Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerja di Lombok Timur. (Panennews.com/Hernawardi)

Panennews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyebutkan, pada Oktober 2023, Provinsi NTB menjadi provinsi penyumbang pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) tertinggi secara nasional.

Menurutnya, Provinsi NTB yang menjadi daerah penyumbang pergerakan wisnus tertinggi, baik dari asal maupun tujuan wisnus. Yakni sebesar 301,64 persen untuk asal dan 379,34 persen untuk tujuan wisnus dibandingkan periode yang sama tahun 2022 (YoY).

“Hal ini karena ada kegiatan MotoGP sebagai event berkualitas yang terbukti bisa meningkatkan pergerakan wisatawan,” kata Sandiaga akhir Desember 2023 lalu.

Baca Juga :   Strategi Menparekraf Kembangkan Wisatawan Mancanegara

Ia menandaskan, secara umum berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada Oktober 2023 di Indonesia mencapai 978 ribu kunjungan.

Secara kumulatif jumlah kunjungan wisman pada Januari hingga Oktober 2023 telah mencapai 9,9 juta atau meningkat 124,30 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022 (Year on Year).

Jumlah tersebut telah melampaui 111,67 persen dari target batas atas kunjungan wisman yang telah ditetapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.