Pohon Cabai Panen Di Area Urban Farming, Pemprov DKI : Upaya Stabilkan Harga

oleh -25 views
Cabai Rawit
Foto : Istockphoto

Panennews.com – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Rabu (20/12/2023), memimpin panen cabai di area urban farming Kelompok Petani Pinggir Buperta (KPPB).

Area tersebut berada di Jalan Pinggir Kelurahan Munjul, Cipayung, Jakarta Timur. Sebanyak 1.450 pohon cabai dipanen dalam kegiatan ini.

Kegiatan di KPPB ini menjadi sentral panen serempak yang dilakukan secara daring di enam provinsi. Yakni Provinsi DKI, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Sulawesi Selatan.

Heru menjelaskan, panen cabai dilakukan pula di 345 lokasi di seluruh wilayah DKI Jakarta dengan volume sekitar 10,2 ton. Upaya panen bersama ini, lanjut Heru, dilakukan untuk memastikan harga cabai bisa dikendalikan.

Baca Juga :   Kunjungi Lahan Pertanian Modern di Karawang, Mentan Dorong Model Pertanian Terintegrasi Ramah Lingkungan

“Kami mengucapkan terima kasih kepada TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah), dan ketahanan pangan serta seluruh jajaran yang telah membantu Pemprov DKI dalam kemudahan harga menstabilkan harga,” ujar Heru.

Heru juga mengimbau kepada jajarannya di seluruh wilayah administratif agar terus bersinergi dalam menjaga stabilitas harga pangan.

Dengan demikian, warga Jakarta akan terjamin ketersediaan pangannya jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kepada seluruh wali kota dan bupati yang hadir dalam kegiatan panen massal ini, saya mengucapkan selamat memanen. Kita akan panen dan mudah-mudahan ketahanan pangan terus stabil dan berkelanjutan,” ucapnya.

Baca Juga :   Kementan Siapkan 9 Strategi Hadapi El Nino Di Sektor Pertanian

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP, Suharini Eliawati menjelaskan, kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan Pj Gubernur DKI dengan Pj Gubernur Jawa Barat, Banten, dan Jawa Tengah.

Dalam perkembangannya, jelas Elly, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Sulawesi Selatan ikut serta mendukung pengendalian harga dan pemenuhan kebutuhan pangan di Jakarta.

“Sebagai bentuk komitmen pimpinan daerah terhadap stok kebutuhan pangan menjelang Nataru, hari ini semuanya setelah panen langsung ke pasar untuk melakukan peninjauan terhadap stok dan harga. Terakhir adalah melakukan pangan murah serentak,” ungkap Elly.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.