Natal Dan Tahun Baru, NTB Targetkan Kunjungan Wisatawan 200 Ribuan

oleh -19 views
Wisata Mangrove Sekotong
Wisata Mangrove, Sekotong Tengah, Lombok Barat. (Panennews.com/Hernawardi)

Panennews.com – Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) sebentar lagi tiba.

NTB yang memiliki banyak objek wisata menarik, baik di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa menargetkan 200 ribu kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara di akhir tahun ini, sehingga target 2 juta kunjungan wisatawan bisa tercapai.

Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaluddin, S.Sos., M.T., menyatakan, target 200 ribu kunjungan wisatawan di akhir tahun ini setelah melihat pergerakan penumpang pesawat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Pelabuhan Lembar hingga tiga Gili di Lombok Utara.

Menurutnya, dari data pihak Angkasa Pura I, jika pergerakan penumpang di akhir tahun di BIZAM diperkirakan sebanyak 100 ribu lebih penumpang.

Baca Juga :   Nikmati Wisata Kota di Taman Udayana Mataram

Belum lagi di tiga Gili (Trawangan, Meno dan Air) yang langsung dari Bali setiap hari datang sebanyak 3.000 wisatawan. Bahkan, menjelang akhir tahun nanti, wisatawan dari Bali ke tiga Gili bisa mencapai 5.000 per hari.

‘’Dari catatan Angkasa Pura yang memperkirakan Libur Nataru ini pergerakan penumpang bisa mencapai 102 ribu lebih. Sementara tiga Gili dari Bali 3.000 sehari, mudah-mudahan bisa mencapai 5.000 orang per hari,’’ ujarnya, Kamis, (28/12/2023).

Di sisi lain, diakuinya, jika dirinya mendapatkan informasi bahwa tarif kamar hotel mulai terjadi kenaikan. Bagi pihaknya, tidak mempermasalahkan pelaku industri perhotelan menaikkan tarif kamar hotel.

Baca Juga :   Meski Terdampak El Nino, Wamentan Sebut Produksi Padi Jelang Nataru Berjalan Dengan Baik

Namun, pihaknya tidak ingin pelaku industri perhotelan menaikkan tarif kamar semaunya, seperti saat MotoGP.

“Naiknya wajar- wajar saja supaya sebanding dengan prestasi yang didapat NTB sebagai destinasi pariwisata kualitas terbaik di Indonesia,” ujarnya mengingatkan.

Selain itu, tegasnya, pihaknya juga tidak ingin destinasinya yang berkualitas, pelayanan kepada tamu atau wisatawan yang berkunjung ke NTB juga harus berkualitas, sehingga NTB bisa mempertahankan penghargaan sebagai pariwisata terbaik tahun 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.