Keruing, Pohon Hutan Penghasil Kayu Untuk Bahan Baku Kertas

oleh -43 views
-1475439518-612x612
Foto : Pixabay

Panennews.com – Keruing merupakan salah satu jenis pohon yang tumbuh dengan besar pada daerah hutan tropis Indonesia. Biasanya jenis pohon tersebut kerap mendominasi hutan hujan tropis di Kalimantan.

Pohon ini mempunyai nama Ilmiah Dipterocarpus yang berasal dari keluarga Dipterocarpaceae. Keberadaannya hingga manfaat dari batangnya sudah cukup familiar ditengah kalangan masyarakat.

Secara morfologi, pohon keruing mempunyai ukuran panjang cukup bervariasi yang dimulai dari sedang hingga besar. Namun pada lazimnya, kebanyakan pohon ini bisa dikisarkan mempunyai ukuran panjang hingga mencapai 65 meter.

Baca Juga :   Jaga Bumi, Penanaman Pohon Kelengkeng Sebanyak 8 Juta Ton

Sedangkan lebar dari pohon tersebut biasanya hingga mencapai diameter 150 cm. Batangnya berbentuk lurus dengan permukaan yang sedikit kasar, biasanya batang tersebut memiliki ranting dalam jumlah yang lumayan banyak.

Selain itu, batang hingga rantingnya juga mempunyai daun berwarna hijau dengan ukuran panjangnya berkisar antara 6 – 10 cm. Daun tersebut kerap dipercayai sebagian masyarakat untuk pengobatan tradisional, karena minyak dari daun tersebut memiliki kandungan senyawa nutrisi yang baik serta bermanfaat bagi kesehatan.

Tak kalah penting dari daunnya, bagian batang dari pohon ini juga kerap menghasilkan kayu yang berkualitas. Kayu keruing ini memiliki sifat yang sangat awet, sehingga popularitasnya dipasaran tidak bisa diragukan lagi.

Baca Juga :   Sayangi Hutan, Ini Cara Mudah Mencegah Kebakaran Hutan

Lebih lanjut, kayu dari pohon keruing ini juga mudah dibentuk dan cenderung mudah juga untuk pengawetan hingga puluhan tahun. Oleh sebab itu, kayu ini sangat bermanfaat bagi bahan baku peralatan rumah tangga.

Terlebih, karena sifatnya yang mudah dibentuk dan tahan lama. Kayu ini juga mempunyai manfaat sebagai pembuatan industri kertas dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.