Barantan Makassar Lepas Ekspor 36 Ton Mete Gelondongan Ke Vietnam

oleh -37 views
metegelondongan
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Badan Karantina Pertanian (Barantan) Makassar melalui wilayah kerja Pelabuhan Laut Utama Makassar kembali melakukan sertifikasi terhadap 36 ton mete gelondongan tujuan Vietnam.

Penanggung jawab wilayah kerja Pelabuhan Utama Makassar Fahri mengatakan bahwa mete gelondongan ini terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan sampel sebelum berangkat ke negara tujuan untuk memastikan bahwa tidak terdapat OPTK yang ikut di media pembawa tersebut.

“Mete gelondongan ini sudah teruji penyakit terhadap media pembawanya, sehingga mete ini sudah siap diterbangkan menuju Vietnam” ujar Fahri, Selasa (07/11/2023).

Baca Juga :   [Infografik] Produksi Kacang Tanah Menurut Provinsi

Lebih lanjut, Vietnam merupakan salah satu importir terbesar mete gelondong Indonesia yang rutin melakukan impor setiap tahun, termasuk dari Sulawesi Selatan.

Adapun Mete gelondong Indonesia utamanya yang berasal dari Pulau Sulawesi dikenal dan disukai karena berkualitas yaitu mempunyai karakter mete gelondong yang besar dan berwarna putih setelah di kupas.

“Sebelumnnya kami periksa fisik dulu dengan mengambil sampel dan di bawa ke laboratorium. Setelah dipastukan terbebas dari OPT OPTK kami akan terbitkan Phitosanitary Certificate (PC) atau KT – 10. Dokumen yang kami sertifikasi ini sesuai dengan dokumen yang dipersyaratkan oleh negara tujuan,” tutur Fahri.

Baca Juga :   Jenis Tanaman Puring Yang Indah, Cocok Untuk Pekarangan Rumah

Sebagai informasi, Berdasarkan data IQFast Karantina Makassar sepanjang Oktober 2023 negara tujuan ekspor mete antara lain Malaysia, Thailand, Canada, US, Germany, South Korea dan Vietnam dengan volume total sebesar 238 ton.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.