Penuhi Kebutuhan, 200 Ton Bungkil Sawit Asal Bangka Berlayar Ke Jakarta

oleh -29 views
c4f71a86-3b17-4114-a7da-84dc8f96e8a3
Foto : Dok. Barantan

Panennews.com – Pejabat Karantina Pangkalpinang melalui Wilayah Kerja (Wilker) Sungai Selan melakukan pemeriksaan terhadap 200 Ton bungkil kelapa sawit yang akan dikirim ke Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Bungkil tersebut dimuat dan direncanakan berlayar menggunakan Kapal Layar Motor (Klm) Bintang Pratama dengan tujuan Pelabuhan Sunda Kelapa.

Adapun Pejabar Karantina, Soni Suherman mengatakan sebelum diberangkatkan bungkil sawit ini diperiksa secara bertahap dengan pemeriksaan fisik meliputi kebenaran jumlah hingga spesifiknya.

Lebih lanjut, bungkil itu juga diperiksa kesehatannya. Setelah itu, bungkil tersebut pun cenderung memiliki kesehatan dan terbebas dari penyakit berbahaya.

Baca Juga :   Kementan - PP Muhammadiyah Sinergi Perkuat Ketahanan Pangan Nasional

“Sebelum diberangkatkan, Bungkil Sawit telah melalui serangkaian pemeriksaan karantina berupa pemeriksaan dokumen dan pemeriksaan fisik meliputi kebenaran jumlah dan jenis media pembawa, serta untuk memastikan Bungkil tersebut bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina,” ucap Soni Suherman, selaku Pejabat Karantina yang melakukan pemeriksaan.

Secara terpisah, Kepala Karantina Pangkalpinang, Herwintarti menambahkan bahwa selain untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Lebih jauh, Bungkil Sawit atau disebut juga dengan Palm Kernel Expeller (PKE) asal Bangka Belitung merupakan komoditas unggulan yang terus didorong untuk dapat langsung ekspor dari Pangkalbalam tujuan Vietnam dan Thailand.

Baca Juga :   Masuk Masa Tanam, Kelompok Tani Di Kabupaten Batang Waspadai Ancaman Banjir

“Bungkil sawit ini termasuk komoditas unggulan dari sektor pertanian, sehingga hal tersebut bisa langsung diekspor ke berbagai tujuan seperti negara Vietnam hingga Thailand” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.