Dijuluki Si Kayu Ringan, Ternyata Balsa Juga Punya Kekurangan

oleh -36 views
Balsa wood plank on white background.
Foto : Pixabay

Panennews.com – Keberadaan kayu balsa memang tergolong banyak ditemukan diberbagai wilayah Indonesia. Pasalnya, jenis kayu ini berasal dari pohon balsa yang pohonnya ini tersebar banyak pada hutan-hutan Indonesia.

Banyak orang menjuluki kayu ini sebagai kayu ringan, hal itu karena kayu balsa memiliki sifat ringan. Meski begitu, kayu ini juga punya banyak kekurangan yang jarang sekali orang mengetahuinya. Adapun kekurangannya tersebut diantaranya.

Harganya Tinggi

Kayu balsa memang memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan jenis kayu lainnya, sehingga hal ini jadi salah satu kekurangan kayu balsa. Biasanya jenis kayu tersebut memiliki harga 2 kali lipat jika dibandingkan jenis kayu lainnya. Meski begitu, tidak lah rugi juga menggunakan kayu ini untuk dijadikan bahan-bahan alat rumah tangga karena karakteristik dari kayu tersebut amat lah ringan.

Baca Juga :   Lombok Timur Dan Teluk Bima, Potensial Jadi Kawasan Mangrove Komoditas Penjualan Karbon

Kekuatan Yang Terbatas

Dibalik teksturnya yang ringan, tersimpan kekuatan balsa yang terbatas. Pasalnya, jenis kayu tersebut cenderung memiliki kekuatan minim. Selain itu, jenis kayu balsa ini juga memiliki tekstur lembut. Dengan begitu, kayu balsa memiliki kekuatan yang terbatas.

Rentan Terhadap Goresan

Seperti yang kita ketahui, kayu ini memiliki tekstur yang lembut sehingga rentan terhadap suatu goresan. Selain itu, karakteristik kayu balsa juga cenderung mudah lecet atau pun tergores. Oleh karena itu, ini menjadi salah satu kekurangan dari kayu balsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.