Panen Raya Jagung Hibrida Di Kunduran Capai Hingga 9,53 Ton

oleh -39 views
jagung_petani
Foto : Pexels

Panennews.com – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si. dibuat kagum saat ikut panen raya jagung di Desa Bakah, Kecamatan Kunduran.

Dengan menggunakan bibit varietas Hibrida NK 212, hasilnya berukuran jumbo dan produksinya bisa mencapai 9,53 Ton/Ha.

“Semoga hasil panen ini bisa dicontoh petani lainnya. Tadi saya minta hitung, hasil per hektar nya bisa capai Rp 41,9 juta. Blora ini menjadi daerah penghasil jagung terbesar di Jawa Tengah, kedua setelah Grobogan,” ucap Bupati di sela-sela mengikuti Panen Raya Jagung itu, Rabu (13/09/2023) sore

Adapun tahun 2022 kemarin Blora mampu memproduksi jagung sebanyak 429 ribu Ton. Jadi potensi yang luar biasa.

Dengan didampingi Plt. Kepala Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Blora, Ngaliman, SP., MMA., Bupati turun langsung ke sawah bersama para PPL dan petani untuk memetik jagung yang telah mengering dan siap dipipil.

Baca Juga :   Menggembirakan, Produksi Padi 2020 dan Potensi Januari-April 2021 Naik Dibandingkan Tahun Lalu

Di tengah ribuan pohon jagung tersebut, Bupati Arief kagum dengan ukuran jagung yang bisa dibilang berukuran jumbo. Padahal pengairannya tidak membutuhkan banyak air.

“Pak Bupati, ini adalah jagung varietas hibrida NK 212, tahan air (tidak butuh banyak air), dan hasilnya bagus. Dapat menghasilkan jagung sampai 9,53 ton pipilan kering panen per hektar. Dengan harga Rp 4400,00 per kg kering panen. Menguntungkan bagi petani,” ungkap Plt DP4, Ngaliman.

Menurutnya jenis jagung tersebut sudah ditanam di beberapa Kecamatan di Blora. Tidak hanya di Kunduran, namun juga di Kecamatan lainnya seperti Todanan, Jati, Banjarejo, Ngawen.

Baca Juga :   Mentan Amran : Panen Jagung Melimpah, Antisipasi Harga Anjlok

Sementara itu, Budianto, salah satu petani menyatakan bahwa menanam benih NK 212 tahun ini lebih memuaskan.

“Panen jagung kali ini memuaskan, tahun kemarin tidak ada panenan jagung karena banjir. Dengan bibit NK 212, cara perawatannya mudah, pupuknya mudah, kebutuhan airnya hanya sekali penyiraman saat jagung mau isi. Tidak ngocori,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Bupati Arief pun menyambut baik hasil panen jagung di Desa Bakah itu yang kini produktivitasnya kian meningkat.

“Semoga kedepan produksi semakin naik dan kita upayakan ada investor yang ke Blora. Tidak hanya diambil jagung ininya saja, namun juga mungkin pengolahan untuk pakan ternak dan yang lainnya,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.