Menteri Teten Tekankan Konsep Bisnis Peternak Kambing Hingga Domba

oleh -8 views
thumb_1695374641_197.
Foto : Dok. Kemenkop UKM

Panennews.com – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki menekankan pentingnya konsep bisnis.

Adapun konsep bisnis itu bagi para peternak domba dan kambing di tanah air termasuk memperkuat kelembagaan usahanya.

Menurut MenKopUKM Teten Masduki, para peternak domba dan kambing di Indonesia sudah memiliki organisasi yang sangat baik, salah satunya Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI).

“HPDKI organisasi yang keren, bukan hanya mengurusi pemuliaan genetik tapi juga punya pengembangan model bisnis, karena memang para peternak kecil butuh kelembagaan,” ucap Menteri Teten dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) ke-9 Seni Budaya Domba dan Kambing Tahun 2023 di Bandung, Selasa (26/09/2023).

Lebih lanjut, Menteri Teten menyebutkan kontes domba dan kambing seperti yang digagas oleh HPDKI ini juga baik bagi para peternak untuk menunjukkan keberhasilan mereka agar menjadi motivasi bagi para peternak lain dalam mengembangkan ternaknya.

Baca Juga :   Mentan Amran Sebut Pompanisasi Hidupkan Perekonomian Desa

“Ajang seperti ini bagus sekali, dari sini Pemerintah akan mengambil domba dan kambing unggulan untuk dikembangkan dan disebarluaskan sehingga akan jadi sumber indukan, di luar negeri juga sama konsepnya,” ujar Menteri Teten.

Selain itu, pihaknya juga ingin mengajak HPDKI dan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mendorong dan memperkuat kelembagaan usaha peternak domba dan kambing melalui koperasi, agar dapat dikoneksikan dengan sumber pembiayaan.

“Sektor riilnya di Kementan, kami bantu pengembangan usahanya melalui koperasi hingga pengembangan bisnis ternak” kata Menteri Teten.

Baca Juga :   Agar Gemuk Maksimal, Begini Cara Pemberian Pakan Sapi Jaliteng

Lebih jauh, Menteri Teten mengungkapkan, Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terhadap nasib peternak domba dan kambing.

Apalagi karena domba dan kambing merupakan sumber protein hewani yang paling potensial untuk dikembangkan dalam skala ekonomi peternak kecil.

Sementara itu, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah mengatakan, perlu ada peta jalan dalam upaya pembibitan domba dan kambing di Indonesia.

Ia mengungkapkan perkembangan usaha domba dan kambing di tanah air tumbuh pesat, mencapai 103 persen per tahun.

“Peternakan domba dan kambing juga diarahkan pada orientasi bisnis. Kami sampaikan kebutuhan itu dan menjadi support untuk membuat program ini lebih akseleratif,” kata Nasrullah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.