Kembang Sungsang, Tanaman Hias Yang Populer Untuk Pengobatan

oleh -67 views
flame-lily-5417185_640
Foto : Pixabay

Panennews.com – Kembang sungsang merupakan salah satu jenis tanaman hias yang keberadaannya banyak tersebar pada kawasan iklim tropis. Biasanya jenis tanaman ini cenderung mudah beradaptasi diberbagai kondisi tanah.

Tanaman hias ini memiliki nama Ilmiah Gloriosa Superba yang masih tergabung ke dalam suku famili dari Liliaceae. Di Indonesia, kembang sungsang memiliki banyak nama yang dimulai dari lembayung muda hingga permata oranye.

Secara morfologi, tanaman kembang sungsang ini berbatang semi kayu yang tumbuh dengan ukuran tinggi mencapai kisaran antara 5 meter. Adapun akar umbinya berbentuk serabut yang bisa mengeluarkan lebih dari 1 batang sekaligus, biasanya akar umbinya ini dapat menjalar hingga pada permukaan tanah.

Baca Juga :   Suplir, Jenis Tumbuhan Paku Yang Populer Sebagai Tanaman Hias

Selain itu, tanaman ini juga memiliki daun yang berseling diantara ranting hingga batangnya. Adapun daun tersebut berwarna hijau, biasanya daun ini mempunyai ukuran panjang berkisar antara 5 – 10 cm. Lebih lanjut, di sela daunnya terdapat bunga berbentuk lonjong berukuran 5 cm. Biasanya bunga hingga daunnya ini cukup bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sementara itu, keberadaan tanaman sungsang cukup populer ditengah masyarakat. Pasalnya, bunga dan daunnya ini kerap digunakan sebagai pengobatan tradisional oleh kalangan masyarakat. Biasanya tanaman hias ini pun cukup bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit yang dimulai dari asam urat, gejala kanker, hingga terganggunya saluran pernafasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.