Wajib Tahu, Jenis Penyakit Yang Menyerang Ikan Lele Budidaya

oleh -85 views
Group of African Sharptooth Catfish (Clarias gariepinus)
Foto : Pixabay

Panennews.com – Membudidaya ikan lele memang saat ini tengah banyak dilakukan oleh pembudidaya ikan. Pasalnya, ikan lele merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang cukup tergolong laris dipasaran.

Secara garis besar, banyak sebagian pembudidaya ikan lele tengah mengeluh akan adanya serangan penyakit yang menganggu ikan lele. Oleh karena itu, ketahui lah jenis-jenis penyakit yang dapat menyerang ikan lele budidaya.

Lele Gatal

Penyakit ini disebabkan oleh kualitas air yang cenderung buruk, biasanya penyakit ini memiliki gejala tubuh lele berubah warna hingga muncul rasa gatal pada seluruh tubuhnya. Selain itu, ikan lele pun juga tampak lemas akibat serangan jenis penyakit gatal ini.

Baca Juga :   Program Udang Nusa, Siap Topang Produksi Udang Nasional

Bintik Spot

Penyakit bintik spot ini sering menyerang ikan lele budidaya, jenis penyakit ini memang cukup umum jika menyerang ikan budidaya. Adapun penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri sisa-sisa pakan di kolam budidaya. Selain itu, disebabkan juga karena kebersihan kolam yang kurang terjaga. Adapun gejala penyakit ini biasanya terdapat bintik putih pada bagian tubuh ikan lele budidaya.

Pecah Usus

Jenis penyakit ini biasanya dapat menyerang ikan lele budidaya. Pasalnya, jenis penyakit ini disebabkan karena pemberian pakan secara berlebihan sehingga menganggu pencernaan ikan lele. Biasanya penyakit ini memiliki gejala perut lele membesar, nampak kencang, hingga perutnya membesar. Selain itu, penyakit ini juga memiliki gejala tidak keluar kotoran berhari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.