Akhirnya, 33 Kura-kura Leher Ular Rote dari Amerika Tiba di NTT

oleh -13 views
33 kura-kura tiba di NTT
Repatriasi Kura-kura Rote oleh Petugas (Panennews.com/ Sony Taolin )

Panennews.com – Sebanyak 33 kura-kura leher ular (Chelodina mccord) yang selama ini berada di Amerika Serikat, Austria, lalu ke Singapura, akhirnya tiba kembali di Kupang, NTT, Selasa (8/8/2023). Kura-kura asal Pulau Rote ini selama ini menjadi korban perdagangan liar dan diselundupkan ke Amerika Serikat.

Puluhan satwa endemik asal Pulau Rote, NTT ini menempuh perjalanan panjang dari tiga negara yakni Bronx Zoo di New York, Amerika Serikat dan Austria. Kura-kura leher ular ini tiba di Mandai Nature atau Singapura Zoo di beberapa bulan lalu, akhirnya tiba di Kupang dalam keadaan sehat dan selamat.

Hewan reptil asli Pulau Rote itu pun disambut haru Kepala BBKSDA NTT, Arief Mahmud dan stafnya. Untuk sementara kura-kura tersebut akan ditempatkan di kolam habituasi selama beberapa bulan sebelum dipindahkan ke sejumlah danau di Pulau Rote seperti Danau Peto di Desa Maubesi, Kecamatan Rote Tengah.

“Saya sangat terharu, karena Kura-Kura Rote merupakan satwa langkah yang populasi alamiahnya di Pulau Rote,” kata Arief Mahmud.

Menurutnya, kepulangan 33 kura-kura tersebut merupakan momen mengharukan bagi segenap jajaran staf dan pegawai BBKSDA NTT. Ini karena sebagai insan konservasi yang diberi amanah oleh negara, diberi kesempatan untuk dapat menyaksikan secara langsung kembali ke Indonesia.

Baca Juga :   KKP Pasarkan Olahan Rumput Laut Indonesia Ke Uni Eropa

“Tentu kami tak lupa ucapkan ribuan terima kasih kepada pemerintah Amerika dan Pemerintah Singapura yang telah membantu mengembalikan Kura-Kura Rote ke Indonesia. Kami juga ucapkan terima kasih kepada WCS (Wildlife Conservation Society) Indonesia Program yang telah berupaya agar Kura-Kura Rote dapat kembali ke Indonesia,” jelas Arief.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, upaya repatriasi kura-kura tersebut merupakan kali kedua setelah tahap pertama pada tahun 2021 lalu, dimana ada kurang lebih 12 kura-kura Rote leher ular yang dikembalikan ke Indonesia.

Dari jumlah tersebut, BBKSDA NTT berusaha meningkatkan jumlah kura-kura Rote yang ada di instalasi Karangtina Hewan.

“Alhamdullilah, pada bulan Juni yang lalu dua kura-kura Rote yang tiba sebelumnya ditahap pertama, telah bertelur sebanyak dua kali. Saat ini kita memiliki 53 butir telur dan sedang dilakukan upaya penetasan di incubator. Mungkin dalam waktu 60 hingga 90 hari kedepan, kita bisa mendapatkan bayi-bayi kura-kura Rote yang baru, yang lahir di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, mewakili Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) khususnya Dirjen KSDAE, Kasubdit Pengawetan Spesies dan Genetik, Bad’ah, mengungkapkan, bahwa kepulangan 33 kura-kura Rote ke habitatnya tersebut merupakan starting point untuk melakukan upaya-upaya konservasi, dan pemulihan populasi kura-kura Rote, yang dapat dilakukan melalui pengembangbiakan.

Baca Juga :   Food Estate Sumba Tengah, Jalan Keluar Dari Penderitaan

“Pengembalian kura-kura Rote ke habitatnya hari ini, harus menjadi kebanggaan Provinsi Nusa Tenggara Timur. Seperti kata pak Kababes (Arief Mahmud, red) kepulangan kura-kura Rote ini mengharukan, dan kita berharap pengembalian spesies ini ke habitatnya di Pulau Rote dapat memulihkan ekosistem habitatnya di Pulau Rote,” ujar Maria.

Sementara itu, Country Director WCS, Noviar Andayani pada kesempatan tersebut bicaranya menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia, khususnya KLHK dan Dirjen KSDAE serta jajaran BBKDA NTT serta seluruh pihak, termasuk maskapai penerbangan Garuda dan Balai Karangtina yang telah membantu proses pemulangan kura-kura Rote ke Indonesia, ke habitatnya.

Seperti disaksikan awak media rombongan pengantar kura-kura Rote tiba di Kantor SKW II BBKSDA NTT pada pukul 13.26 Wita, didampingi sejumlah aktivis lingkungan hidup dari Singapura yakni Mandai Nature, perwakilan DIrjen KSDAE, Perwakilan Kargo Maskapai Garuda, Balai Karangtina Hewan NTT, Angkasa Pura.

Selanjutnya pembukaan segel 3 paket box yang berisi kura-kura Rote dan penandatanganan penerimaan kura-kura Rote oleh Kepala BBKSDA NTT serta penyelesaiaan administrasi Bea Cukai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.