Dukung Konsumsi Ikan, Gubernur NTB Tebar 500ribu Benih Ikan

oleh -7 views
Gubernur NTB
Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah. (Panennews.com/Hernawardi)

Panennews.com – Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Sitti Rohmi Djalilah menebar kebaikan dengan melepas benih ikan, di Danau Wisata Alam Gunung Jae, Lombok Barat, (12/8/2023).

Kegiatan yang digelar Forum Wartawan Ekonomi (FWE) NTB tersebut, Gubernur memberikan apresiasi dari kegiatan dirangkaikan dengan malam keakraban dengan warga masyarakat desa Sedau.

Bang Zul, sapaan akrabnya, menyebutkan pelepasan 500 ribu benih ikan adalah kegiatan yang positif yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

“Bismillahirrahmanirrahim, kita melepas ikan setengah juta atau 500 ribu benih. Mudah-mudahan suatu saat akan bermanfaat bagi masyarakat kita,” ujarnya.

Sementara itu, Umi Rohmi, sapaan akrab Wagub, bersama rombongan terlihat asyik menikmati suasana keindahan danau di pagi hari, mengelilinginya dengan perahu yang telah di sediakan panitia.

Baca Juga :   Flying Fox, Ikan Hias Pemakan Alga

Umi Rohmi mengatakan, kegiatan yang dilakukan sekarang ini akan memberikan multiplier effect bagi masyarakat.

“Pertama menebar ikan, potensi perairan kita luar biasa. Ini menunjukkan bahwa banyak tempat-tempat untuk menebar ikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penebaran Bibit Ikan, Lukmanul Hakim menyebut, bahwa kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian insan Jurnalis yang tergabung dalam FWE NTB bersama para stakeholders.

Kegiatan tebar benih ikan ini menurutnya untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan di NTB. Tingkat konsumsi ikan di Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2022 sebesar 53,29 kg/kapita/tahun. Kendati terbilang sudah tinggi, tingkat konsumsi ikan masyarakat harus terus ditingkatkan.

“Sebab berkaitan erat dengan upaya meningkatkan kecerdasan (SDM) dan kemiskinan, termasuk kasus stunting (kekurangan gizi pada anak),” jelasnya.

Baca Juga :   KKP Usut Tuntas Perkara Pemalsuan Dokumen Perizinan Perikanan

Dengan latar belakang itulah, FWE NTB kembali menyelenggarakan kegiatan sosial dalam bentuk penebaran benih ikan air tawar, juga serangkaian menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.

“Ini adalah upaya mendukung penguatan ketahanan pangan masyarakat, serta menekan angka stunting di Provinsi Nusa Tenggara Barat,” bebernya.

Adapun bibit ikan yang ditebar yakni ikan nila dan ikan gurami. Ratusan benih ikan air tawar yang dilepas liarkan ini yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk konsumsi maupun untuk diperjuangkan belikan.

Tebar benih ikan ini juga dirangkaikan dengan penanaman bibit pohon yang dilakukan oleh gubernur dan wakil gubernur bersama kepala OPD serta steakholder lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.