Distribusi Komoditas Perikanan Via Jalur Kereta Kembali Meningkat

oleh -18 views
PNBP Perikanan Tangkap 2
Foto : Dok. KKP

Panennews.com – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebut pertumbuhan distribusi komoditas perikanan melalui jalur kereta api terus mengalami peningkatan kembali.

KKP pun mengapresiasi dukungan kerja sama Kereta Api Logistik (Kalog) dalam memfasilitasi pelaksanaan Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN).

“Distribusi produk perikanan tepat waktu, tepat kuantitas, tepat kualitas, dan tepat lokasi dengan biaya yang lebih efisien ini yang harus kita pegang,” ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Budi Sulistiyo. Jumat (14/07/2023).

Selain itu, Budi juga mengatakan koordinasi dengan Kalog pun terus dilakukan mengingat kedua lembaga tersebut telah menandatangani perjanjian kerja sama sejak Oktober 2022 lalu.

Baca Juga :   Ikan Betutu, Si Ikan Pemalas

Adapun SLIN bertujuan untuk membangun dan mengembangkan sistem manajemen rantai pasokan produk perikanan hulu-hilir yang terintegrasi, efektif dan efisien. Program ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan stabilisasi sistem produksi perikanan di Indonesia.

“Termasuk juga untuk pengendalian disparitas harga, pemenuhan kebutuhan konsumsi dan industri dalam negeri serta ekspor,” sambungnya.

Sementara itu, Dirut Kalog Ahmad Malik Syah menyebut telah terjadi peningkatan muatan produk perikanan. Jika di tahun 2022 rata-rata pengiriman sebesar 183 teus, meningkat jadi 230 teus di tahun 2023.

Saat ini, Kalog telah membangun Cold Storage berkapasatias 5 ton di 6 stasiun yakni Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan Banyuwangi. Fasilitas tersebut digunakan sebagai gudang penyimpanan sementara, sebelum pengangkutan dengan kereta api untuk produk perikanan, maupun produk yang membutuhkan penanganan dingin.

Baca Juga :   Ini Dia Fakta Menarik Ikan Baronang Yang Jarang Diketahui

“Ini bagian dari implementasi Rencana Aksi PKS Kalog dengan KKP, dan alhamdulillah telah terjadi peningkatan rata-rata pengangkutan,” terang Malik.

Rencana, Kalog juga akan mengembangkan bisnis dalam rangka mendukung distribusi produk perikanan di 5 titik Stasiun Kereta Api yaitu Jakarta International Container Terminal (JICT), Jakarta Gudang, Lagoa – Jakarta, Klari – Karawang, dan Ronggowarsito – Semarang.

“Kami juga akan jadikan Stasiun Klari sebagai salah satu pusat konsolidasi untuk mendukung distribusi produk perikanan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.