Ikan Betutu, Si Ikan Pemalas

oleh -524 views
Ikan Betutu
Foto : Shutter Stock

Panennnews.com – Beberapa dari Anda pasti tahu dengan ikan yang satu. Jika tidak mungkin penyebutan namanya lain. hal itu tak lain mengingat julukan ikan betutu yang banyak seperti ikan bloso, ikan hantu, ikan malas bahkan ikan setan. Beragam julukan terkait dengan karakter si ikan itu sendiri.

Bentuk dari iklan bloso ini cukup unik dengan tampilan kasar disertai corak khas pada tubuhnya. Ikan dengan nama latin Oxyeleotris marmorata ini terkenal sangat pemalas karena suka sekali berdiam diri dalam waktu yang sangat lama. Bahkan untuk menangkap mangsa pun ikan ini cenderung pasif menunggu mangsa lewat sendiri.

Baca Juga :   Optimis atas Capaian 2021, KKP Patok Ekspor Perikanan Sebesar USD7,13 Miliar di 2022

Ciri khas dari ikan betutu ialah bentuknya yang cukup unik. Tubuh ikan umumnya memanjang dengan bagian belakang berbentuk pipih. Kepala ikan memiliki bentuk gepeng dengan mulut meruncing. Warna ikan di dominasi dengan warna cokelat gelap dengan corak hitam menyebar.

Lebih jauh ikan ini dikenal suka berdiam diri serta masuk ke dalam lumpur. Oleh karena itu, mudah sekali menemukannya di area seperti rawa, sungai ataupun waduk. Beberapa peternak pun sudah banyak yang mulai membudidayakannya.

Budi daya ikan pemalas ini butuh perhatian ekstra. Kolam harus di buat agak berlumpur. Beda dengan ikan lain, ikan yang satu ini hanya mau memakan pakan hidup seperti ikan kecil maupun udang kecil. Masa panen bisa di nikmati ketika ikan bloso berusia 8 sampai 12 bulan.

Baca Juga :   Gagah dan Berseri, Begini Informasi Lengkap Ikan Jelawat

Habitat ikan betutu begitu tersebar luas di perairan tawar. Maka dari itu buatlah konsep kolam dengan lumpur atau tanah di dalamnya. Kolam juga harus dijaga kebersihan agar ikan ini tetap sehat. Meskipun tampilannya agak seram tapi ikan ini lezat untuk dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.